PJJ IPS KELAS 7

Skala Prioritas Kebutuhan Manusia yang Akan di Penuhi

Skala Prioritas Kebutuhan Manusia yang Akan di Penuhi, Kebutuhan manusia sangat beragam dan selalu meningkat, meski demikian tenaga, waktu materi atau sumber daya yang dimiliki manusia untuk memenuhi kebutuhan itu sangat terbatas.

Oleh karena sebagai manusia sangat bijak apabila kita mampu memilih kebutuhan mana yang benar-benar kita butuhkan untuk dicukupi. Hal ini dinamakan sebagai membuat skala prioritas dalam kebutuhan kita.

Dalam keluarga, membuat skala prioritas adalah penting untuk dapat menyesuakan antara jumlah pendapatan atau penghasilan yang dimiliki keluarga dengan jumlah kebutuhan penting yang harus dipenuhi.

Pembuatan skala prioritas dapat dilakukan dengan cara membuat daftar yang berisi semua kebutuhan penting yang harus dipenuhi keluarga dan kemudian membuat rangking atau urutan mengenai kebutuhan mana yang paling mendesak dan harus dipenuhi dahulu daripada kebutuhan lainnya.

Baca juga Alat Pemehunah Kebutuhan Manusia

Melalui hal ini keluarga dapat memanfaatkan dengan cermat jumlah sumber daya atau pendapatan yang dimiliki keluarga dengan pemenuhan alat pemuas kebutuhan yang penting.

PEMAHAMAN SKALA PRIORITAS

Setelah Ananda memahami tentang skala prioritas dalam pemenuhan kebutuhan manusia, lakukanlah aktivitas mengisi tabel berikut untuk menguji pengetahuan Ananda.

Tuliskanlah 5 kebutuhan keluarga Ananda berdasarkan skala prioritas, Ananda bisa meminta bantuan orang tua untuk mengisi tabel berikut berdasarkan penghasilan yang di dapat orang tua dalam satu bulan.

Urutkan kebutuhan keluarga mulai dari yang paling dibutuhkan kemudian berikan alasannya mengapa kebutuhan tersebut penting bagi keluarga Ananda! Tabel nomor 1 sudah diisi sebagai contoh dalam mengerjakan aktivitas berikut.

TABEL SKALA PRIORITAS

No.Kebutuhan keluarga berdasarkan skala prioritasKebutuhan utama yang apabila tidak dipenuhi kita akan sakit.
1 Makan (nasi dan lauk pauk) Kebutuhan utama yang apabila tidak
dipenuhi kita akan sakit.
2  
3  
4  
5  

Setelah Ananda berhasil mengisi tabel tersebut, serahkan pekerjaan Ananda kepada guru untuk diperiksa dan memperoleh umpan balik, Ananda dapat memilih cara penyerahan tugas sesuai dengan kondisi Ananda yaitu sebagai berikut:

  • Serahkan di sekolah saat mengambil bahan ajar berikutnya.
  • Apabila memiliki fasilitas Hp/laptop dan kuota dapat mengirimkan foto pekerjaan Ananda melalui whatsapp/Instagram/google classroom.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button