EkonomiSMA Kelas 10

Elastisitas Harga Penawaran (Price Elasticity of Supply)

Elastisitas Harga Penawaran (Price Elasticity of Supply). Elastisitas harga dari penawaran adalah tingkat/derajat kepekaan perubahan jumlah yang ditawarkan terhadap perubahan harga. Macam-macam Elastisitas dari Penawaran.

1. Penawaran Elastis (Es > 1)

Penawaran yang elastis mengandung arti bahwa penjual peka (sensitif) terhadap perubahan harga, yaitu adanya perubahan harga sebesar 1% menyebabkan perubahan jumlah yang ditawarkan lebih dari 1%. Dalam bentuk kurva, penawaran elastis berbentuk landai, seperti terlihat berikut ini.

2. Penawaran Inelastis (Es < 1)

Penawaran inelastis ditandai dengan penjual yang tidak/ kurang peka terhadap perubahan harga. Perubahan harga sebesar 1% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang ditawarkan kurang dari 1%. Dalam bentuk kurva, penawaran inelastis berbentuk curam, seperti terlihat berikut ini.

3. Penawaran Elastisitas Uniter/Satuan (Es = 1)

Jenis elastisitas ini ditandai dengan persentase perubahan harga sama dengan persentase perubahan jumlah barang yang ditawarkan. Dalam bentuk kurva, penawaran elastisitas satuan memiliki kemiringan 45 , seperti terlihat berikut ini.

Baca juga Koefisien elastisitas penawaran selalu bernilai positif

4. Penawaran Elastis Sempurna (Es = • )

Pada harga tertentu jumlah barang yang ditentukan tidak terbatas, atau perubahan harga 0% menyebabkan terjadinya perubahan jumlah barang yang ditawarkan lebih 0%. Dalam bentuk kurva, penawaran elastis sempurna berupa garis lurus yang sejajar dengan garis horizontal (sumbu Q), seperti terlihat berikut ini.

Baca juga Rangkuman Permintaan-Penawaran dan Struktur Pasar

5. Penawaran Inelastis Sempurna (Es = 0)

Penawaran inelastis sempurna ditandai oleh perubahan harga yang tidak memengaruhi jumlah barang yang ditawarkan. Pada tingkat harga berapa pun jumlah barang yang ditawarkan tetap. Dalam bentuk kurva, penawaran inelastis sempurna berbentuk tegak lurus, seperti terlihat berikut ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker