PJJ IPS KELAS 9

Dalam menghadapi Perubahan Sosial Manusia Tidak Boleh Egois

Dalam menghadapi Perubahan Sosial Manusia Tidak Boleh Egois, Terkait dengan sifat perubahan sosial, maka dalam menghadapi perubahan sosial manusia tidak boleh egois. Manusia harus memperhatikan orang-orang disekitarnya yang mengalami kesulitan dalam beradaptasi pada perubahan sosial yang terjadi.

Generasi muda harus dengan sabar dan membantu generasi tua belajar mengoperasikan smartphone. Manusia di pusat perkotaan juga harus memperhatikan nasib mereka yang tinggal di pinggiran sungai.

Suatu perubahan sosial yang baik adalah perubahan yang tidak memecah belah atau mengganggu kerukunan hidup masyarakat. Suatu perubahan sosial akan dapat bertahan lama bila mencerminkan nilai kebersamaan dalam suatu masyarakat.

Kompromi Perubahan Sosial

Untuk ini seluruh masyarakat harus bersikap terbuka, memperhatikan dan mendengarkan perspektif orang lain terkait peruhanan sosial sehingga tercipta suatu kompromi agar perubahan sosial tidak merugikan orang lain. Pembuatan ruang terbuka hijau, danau penampung air hujan dan sumur resapan di kota-kota besar adalah bukti terjadinya kompromi dalam suatu perubahan sosial.

Meskipun biayanya mahal, memerlukan lahan dan waktu yang lama dalam pembuatannya, keberadaan tempat-tempat untuk meresapkan air hujan di perkotaan sangat penting agar tidak mengganggu saluran air hujan dan penduduk disekitarnya.

Perubahan sosial yang terjadi melalui hasil diskusi banyak orang semacam ini sangatlah penting. Melalui hal tersebut akan terjaga kelanggengan hubungan antar manusia dalam masyarakat.

Baca juga Dinamika Penduduk 5 Benua Perkembangan dari Tahun ke Tahun

Perubahan sosial yang dihasilkan dari kesepakatan dan hubungan saling menghormati membuat masyarakat berkembang dalam harmoni tanpa mengalami konflik yang silih berganti.

Gambar. Pendirian pabrik manufaktur, bermanfaat bagi pemilik usaha dan kosumen produk tetapi berdampak negatif pada lingkungan alam sekitar pabrik. (ilustrasi foto/pxfuel.com)

Aktivitas Siswa

No.Contoh KasusPihak yang mendapat manfaatPihak yang mengalami kesulitanKompromi/ Solusi
1Perubahan pembelajaran secara daring untuk mengurangi resiko penularan virus covid 19Anak kota dan anak orang kaya karena memiliki laptop dan wifi di rumahnya.Anak desa dan anak kaum miskin perkotaan karena tidak memiliki laptop dan harus membeli paket data yang mahalPembagian paket data gratis dari pemerintah, Disediakannya lokasi untuk mengakses wifi gratis untuk pembelajaran daring di beberapa desa Indonesia
2Pembangunan jalan tol yang memperlancar transportasi tetapi mematikan usaha warung makan dan toko oleh oleh di jalanan non tol   
3Penggunaan kantong plastik untuk mengemas barang belanjaan secara praktis tetapi mengakibatkan meningkatnya timbulan sampah   
Tabel Aktivitas siswa
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button