Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Cara menerima telepon kantor

Advertisement

Cara menerima telepon kantor. Telepon sebagai sarana komunikasi perkantoran dan pribadi harus dibedakan penanganannya. Penggunaan telepon kantor perlu penanganan khusus sesuai dengan bidang usaha dan kegiatan kantor tersebut. Untuk memahami lebih jauh kita ulas materi berikut ini.

1. Percakapan Lokal

Percakapan lokal ini merupakan percakapan telepon yang dilakukan oleh dua pos (pesawat) telepon yang terletak dalam satu daerah lingkungan pelayanan lokal (LPL).

Percakapan lokal dapat berlangsung antara dua orang pelanggan dalam satu kota melalui satu sentral, atau antara dua orang pelanggan dalam satu kota melalui beberapa sentral. Biaya percakapan dikenakan kepada setiap pemanggil, setiap kali percakapan selama 3 menit dihitung satu pulsa.

Advertisement

PT Telkom menyediakan operator yang akan membantu pelanggan mencari nomor telepon yang dituju, yaitu penerangan lokal dengan memijat atau memutar nomor 108. Operator bertugas selama 24 jam. Dalam hal ini, pelanggan harus menyebutkan nama dan alamat yang nomornya dikehendaki secara jelas.

2. Percakapan Telepon Intradaerah 

Percakapan telepon intradaerah merupakan percakapan antara sambungan telepon dari pelayanan lokal yang berbeda, yang masih terletak dalam daerah pentarifan yang sama. Jarak jangkauan percakapan tidak boleh dari 35 km (jarak udara). 

Artikel Terkait

3. Percakapan Antar daerah (interlokal)

Percakapan ini terjadi antara dua daerah telepon yang berbeda, yang berjarak lebih dari 25 km. Hubungan percakapan interlokal yang dihubungkan secara otomat sering disebut percakapan Sambungan Langsung Jarak Jauh (SLJJ), perhatikan gambar percakapan antar daerah (interlokal) berikut ini.

Perhitungan tarif percakapan SLJJ berdasarkan pada:

  1. Lama waktu percakapan, dihitung dalam detik
  2. Jauh dekatnya jarak yang dituju 

Lama dan jauhnya jarak dicatat meter pulsa yang ada di sentral telepon kemudian disatukan dengan pulsa hasil percakapan telepon otomat.

Dalam percakapan SLJJ bila nomor telepon yang dituju belum diketahui, pelanggan dapat menghubungi operator di kota yang dikehendaki.

Advertisement

Kode wilayah dan nomor penerangan atau informasi SLJJ untuk kota-kota di Indonesia dapat dilihat di Buku Petunjuk Telepon (BPT) atau Yellow Pages yang dikeluarkan oleh PT Telkom.

Baca juga Peluang kerja dan Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

4. Percakapan Telepon Antar Bangsa (Internasional)

Percakapan telepon antar bangsa atau internasional merupakan percakapan dua orang atau lebih dengan memakai pesawat telepon yang letaknya berbeda Negara. Percakapan jenis ini dikelola oleh PT Indosat bekerjasama dengan PT Telkom.

Advertisement
Gambar. Percakapan Telepon Antar Bangsa (Internasional) (foto/istimewa)

Keterangan:

  • STO = Sentral Telepon Otomat
  • SI = Sentral Internasional Negeri/Transit
  • SBI = Stasiun Bumi Internasional

Sumber : Buku Sistem Telekomunikasi di Indonesia

Cara menerima telepon kantor. Salah satu percakapan telepon antarbangsa atau Internasional ialah percakapan Internasional otomat yang biasa dinamakan hubungan Sambungan Langsung Internasional (SLI).

Advertisement

Dalam SLI percakapan tidak melalui operator namun berlangsung secara otomatis. Jenis percakapan ini belum dapat dilaksanakan seluruh kota di Indonesia.

Cara menggunakan telepon SLI, yaitu:

  1. Memutar atau menekan tombol awalan internasional 00
  2. Memutar atau menekan kode negara
  3. Memutar atau menekan kode wilayah
  4. Memutar atau menekan nomor yang dituju atau nomor pelanggan yang dipanggil 

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button