IPS Kelas 10Pedagogi

Akulturasi terjadi antara manusia dengan unsur-unsur kebudayaan

Akulturasi terjadi antara manusia dengan unsur-unsur kebudayaan. Akulturasi terjadi bila suatu kelompok manusia dengan suatu kebudayaan yang tertentu dihadapkan pada unsur-unsur suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa sehingga unsur-unsur kebudayaan asing itu dengan lambat laun diterima dan diolah dalam kebudayaan sendiri.

Tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri. Misalnya dapat dilihat proses akulturasi yang terjadi pada masyarakat Indonesia antara kebudayaan Hindu-Budha dengan Islam.

Proses akulturasi yang berjalan dengan baik dapat menghasilkan integrasi antar unsur-unsur kebudayaan asing dengan unsur-unsur kebudayaan sendiri. Dengan demikian, unsur kebudayaan asing tidak lagi dilihat dan dirasakan sebagai hal yang berasal dari luar.

Namun demikian hal ini terjadi tidak begitu saja, tetapi melalui proses pengolahan yang berlangsung dalam waktu yang relatif lama. Misalnya, sistem pendidikan nasional, pada saat ini banyak meniru dari sistem pendidikan yang berasal dari negara lain yang sudah mengalami banyak penyesuaian.

Baca juga Bentuk-bentuk Akomodasi Menurut Soekanto (1990)

Akulturasi terjadi antara manusia dengan unsur-unsur kebudayaan, walaupun sudah melalui proses yang cukup lama, tidak menutup kemungkinan timbulnya kegoncangan budaya (cultural shock) pada kelompok masyarakat tertentu sebagai akibat dari adanya berbagai permasalahan dalam proses akulturasi. Hal ini terjadi karena masyarakat mengalami frustasi ketika muncul perbedaan yang tajam antara cita-cita dengan kenyataan.

Gambar 40a. Proses Akulturasi budaya Indonesia dengan budaya cina dalam tampilan barangsai (ilustrasi foto/Tirto.ID)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button