Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 8

AFTA (ASEAN Free Trade Area) Atau Pasar Bebas Negara-negara ASEAN

Advertisement

AFTA (ASEAN Free Trade Area) Atau Pasar Bebas Negara-negara ASEAN, Negara-negara ASEAN juga mengalami perubahan ekonomi akibat terjadinya perubahan ruang di negara-negara ASEAN. Salah satu perubahan penting kegiatan ekonomi di negara-negara ASEAN adalah pemberlakuan AFTA (ASEAN Free Trade Area) atau pasar bebas ASEAN.

Pemberlakukan AFTA menjadikan kegiatan ekonomi lebih meluas. Produsen beras seperti Thailand dapat dengan mudah mengekspor produknya ke Singapura, Indonesia, dan negara anggota ASEAN lain tanpa dibebani pajak, begitupun sebaliknya. Pilihan konsumsi pun semakin banyak, baik kualitas maupun harganya.

Kerja sama negara-negara ASEAN ini mendorong terjadinya perubahan tatanan kerja sama antarnegara dalam bidang ekonomi. Persaingan dalam kegiatan ekonomi menjadi lebih ketat dengan adanya kompetitor dari luar negeri.

Advertisement

AFTA Memudahkan Kegiatan Ekonomi ASEAN

Kegiatan produksi yang dilakukan oleh produsen atau pelaku kegiatan produksi suatu negara ASEAN akan dapat dengan mudah dipasarkan ke negara lain dalam lingkup ASEAN. Contoh, Indonesia dapat dengan mudah dimanfaatkan oleh petani di Thailand dan Myanmar.

Produk elektronik Singapura dapat lebih mudah diperoleh oleh masyarakat di negara ASEAN. Kerja sama ASEAN menjadikan proses distribusi menjadi lebih jauh jangkauannya. Barang atau jasa yang dihasilkan oleh produsen sampai ke tangan masyarakat (konsumen) melalui distributor.

Perkembangan teknologi transportasi dapat memperpendek jarak dan waktu yang dibutuhkan untuk mendistribusikan barang atau jasa sampai ke tangan konsumen.

Lautan luas tidak lagi menjadi penghalang untuk mendistribusikan barang dan jasa. Kemudahan distribusi ini sangat menguntungkan pelaku kegiatan ekonomi dan memungkinkan mereka mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Kegiatan distribusi antarnegara dalam bentuk ekspor dan impor yang melibatkan dua negara atau lebih identik dengan pergerakan barang atau jasa antarnegara. Kegiatan ekspor dan impor ini menunjukkan adanya interaksi antarruang negara yang satu dengan negara lainnya.

Kegiatan produksi dan distribusi bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat sebagai konsumen. Konsumen adalah pengguna barang atau jasa yang telah diproduksi oleh produsen dan didistribusikan oleh distributor.

Advertisement
Pelabuhan Peti kemas (ilustrasi foto/kumparan)

Perubahan Ruang Terhadap Kegiatan Ekonomi

Perubahan ruang yang berpengaruh terhadap kegiatan ekonomi di dalam negara-negara ASEAN terutama pada lahan pertanian. Lahan pertanian dan perkebunan banyak berubah menjadi lahan perindustrian dan pemukiman.

Pertumbuhan kota-kota yang intensif memberikan gambaran bagaimana lahan-lahan subur pertanian telah berubah menjadi lahan pemukiman. Hal ini terjadi di semua kota-kota negara-negara ASEAN.

Advertisement

Baca juga Fungsi Lembaga Sosial dan Jenisnya yang Berkembang di Masyarakat

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button