Advertisement
Advertisement
Berita

Tunjangan Profesi Guru Bagaimana Nasibnya? Penjelasan Kemendikbud Ristek

Advertisement

Tunjangan Profesi Guru Bagaimana Nasibnya? Penjelasan Kemendikbud Ristek. Pada hari ini melalui channel youtube Kemendikbud RI. Anang Ristanto, Plt. Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat memandu jalannya Taklimat Media tentang Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional.

Seperti yang telah kita ketahui pemerintahan secara resmi telah menyampaikan naskah akademik dan naskah Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional atau RUU Sisdiknas ke Badan legislasi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI 24 Agustus 2022, RUU Sisdiknas diusulkan  masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional atau (Prolegnas) tambahan tahun 2022.

Dialog pada channel youtube kemdikbud RI dihadiri Narasumber Iwan Syahril, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Dudung Koswara, Ketua Asosiasi Kepala Sekolah Indonesia, Netti Herawati, Ketua Umum HIMPAUDI dan Ki Saur Panjaitan, Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta.

Advertisement

Narasumber pertama yang merupakan narasumber utama yang ditunggu-tunggu oleh Bapak/Ibu Guru di seluruh Indonesia dalam dialog Taklimat Media tentang Rancangan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Iwan Syahril, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Dalam Kesempatan ini Iwan Syahril, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan menyampaikan salam hormat kepada Bapak/ibu Guru dari sabang sampai merauke. Selanjutnya pemerintah mengajak semua elemen masyarakat secara luas untuk ikut mencermati semua dokumen dan memberikan masukkan melalui website kemendikbud di halaman https://sisdiknas.kemdikbud.go.id/.

Selanjutnya beliau memberikan respon terkait isu penghapusan tunjangan kinerja guru yang banyak dipertanyakan oleh Organisasi Guru, Guru-guru dan media.  Pertama-tama beliau menyampaikan profesi guru yang mulia dan terhormat, kemendikbud ristek konsisten dan tidak pernah berhenti  terus berupaya memperjuangkan agar semua guru mendapatkan kesejahteraan yang layak dan kondisi kerja yang baik.

Di Bawah Mendikbud ristek Nadiem Anwar Makarim telah bergulir beberapa program merdeka belajar untuk perbaikan pendidikan. Dalam RUU Sisdiknas ini Kemendikbud ristek terus berupaya meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia yang lebih baik. 

Gambar. Profesi guru yang mulia dan terhormat (foto/istimewa)

Poin Penting RUU Sisdiknas

Tunjangan Profesi Guru Bagaimana Nasibnya? Penjelasan Kemendikbud Ristek. Ada beberapa poin inti yang disampaikan pada kesempatan ini.

  1. RUU Sisdiknas berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru yang layak sebagai wujud keberpihakan pemerintah kepada profesi yang mulia dan terhormat RUU mengatur tunjangan guru ASN dan Non ASN yang sudah sertifikasi akan terus menerima tunjangan sampai pensiun sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku.
  2. Yang menjadi catatan penting, ada 1,6 juta guru yang belum mendapatkan peningkatan kesejahteraan karena belum bersertifikasi, harus menunggu antrian yang panjang dan akan memakan waktu yang lama.

Dalam RUU Sisdiknas disampaikan Guru-guru ASN akan mendapatkan peningkatan pendapatan yang diatur dengan Undang-Undang tanpa antrian panjang menunggu Program Pendidikan Profesi Guru (PPG).

Advertisement

Baca juga Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Jenjang Pendidikan SMA

Untuk Guru-guru Non ASN tambahan penghasilan akan diberikan melalui Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dengan Demikian Yayasan penyelenggaraan pendidikan dapat memberikan Gaji sesuai dengan Undang-Undang Ketenagakerjaan.

Dengan demikian mendorong Yayasan penyelenggara Pendidikan memiliki hubungan yang lebih baik dan harmonis dengan Guru-guru. Pemerintah berharap Lembaga-lembaga pendidikan berdaya dalam mengelola SDM.

Advertisement

Narasumber Iwan Syahril, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. Mengenai guru PAUD untuk layanan usia 3-5 tahun, masuk ke dalam kategori guru formal. sehingga mendapatkan penghasilan sesuai dengan standar guru formal dan mendapatkan perbaikan penghasilan.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button