Advertisement
Sejarah

TEMPAT PIKNIK ZAMAN KOLONIAL BELANDA DI BOGOR

Advertisement
Advertisement

Tempat piknik zaman kolonial Belanda di Bogor. Salah satu tempat piknik yang populer saat zaman kolonial Belanda di Bogor adalah Taman Botani Bogor (Bogor Botanical Gardens). Taman ini dibuka pada tahun 1817 dan menjadi salah satu tempat favorit bagi para pejabat Belanda untuk berpiknik dan bersantai di Bogor. Taman ini juga menyimpan berbagai jenis tanaman dari seluruh dunia, termasuk tanaman endemik Indonesia. Taman ini masih dapat dikunjungi hingga saat ini.

A. Taman Botani Bogor

Taman Botani Bogor (Bogor Botanical Gardens) adalah taman botani terbesar di Indonesia yang terletak di Bogor, Jawa Barat. Taman ini dibuka pada tahun 1817 dan dikelola oleh Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Indonesia (Indonesian Botanic Gardens Conservation Center).

Taman ini menyimpan lebih dari 15.000 spesies tanaman dari seluruh dunia, termasuk tanaman endemik Indonesia. Taman ini juga merupakan salah satu tempat favorit bagi para pejabat Belanda saat zaman kolonial untuk berpiknik dan bersantai. Taman ini juga menyediakan berbagai fasilitas seperti perpustakaan, kafe, dan tempat parkir. Taman ini dapat dikunjungi setiap hari kecuali hari Sabtu dan hari besar nasional.

B. Pejabat Belanda Yang Pernah Piknik ke Taman Botania Bogor

Beberapa pejabat Belanda yang pernah diketahui melakukan piknik ke Taman Botani Bogor saat zaman kolonial meliputi:

  • Dr. C.G.C. Reinwardt, seorang botanis Belanda yang menjabat sebagai direktur taman botani pada tahun 1817-1830. Dia bertanggung jawab atas pembukaan taman botani dan mengumpulkan berbagai jenis tanaman dari seluruh dunia untuk ditampilkan di taman.
  • Dr. Melchior Treub, seorang botanis Belanda yang menjabat sebagai direktur taman botani pada tahun 1884-1898. Dia banyak melakukan penelitian di taman botani dan memperkenalkan berbagai jenis tanaman baru ke taman.
  • Dr. J.J. Smith, seorang botanis Belanda yang menjabat sebagai direktur taman botani pada tahun 1902-1923. Dia banyak melakukan penelitian di taman botani dan memperkenalkan berbagai jenis tanaman baru ke taman.

Selain itu, banyak pejabat Belanda lainnya yang pernah diketahui melakukan piknik ke Taman Botani Bogor saat zaman kolonial, seperti Gubernur Jenderal Belanda dan pejabat pemerintahan lainnya. Namun, data pasti tidak selalu tersedia.

Tempat piknik zaman kolonial Belanda di Bogor (ft/istimewa)
Tempat piknik zaman kolonial Belanda di Bogor (ft/istimewa)

C. Pembangunan Taman Botani Bogor

Taman Botani Bogor dibangun pada tahun 1817 oleh Dr. C.G.C. Reinwardt, seorang botanis Belanda yang menjabat sebagai direktur taman botani. Ia mengumpulkan berbagai jenis tanaman dari seluruh dunia dan menampilkannya di taman.

Pada awalnya, taman botani hanya berukuran kecil dan hanya menampilkan beberapa jenis tanaman saja. Namun, seiring dengan perkembangan zaman, taman botani terus dikembangkan dan diperluas.

Pada tahun 1884, Dr. Melchior Treub menjabat sebagai direktur taman botani dan melakukan berbagai perbaikan dan pengembangan di taman, termasuk penambahan berbagai jenis tanaman baru.

Baca juga Islam pertama kali masuk ke indonesia pada abad? Penjelasannya

Pada tahun 1902, Dr. J.J. Smith menjabat sebagai direktur taman botani dan melanjutkan pengembangan taman dengan menambah berbagai jenis tanaman baru dan fasilitas baru seperti perpustakaan, kafe, dan tempat parkir. Setelah itu taman botani terus dikembangkan dan diperluas sampai sekarang.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site