Advertisement
Sejarah

BEBERAPA GEDUNG PENINGGALAN KOLONIAL BELANDA DI KOTA BOGOR

Advertisement
Advertisement

Beberapa gedung peninggalan kolonial Belanda di Kota Bogor meliputi:

  • Istana Bogor (Bogor Palace) adalah istana resmi Gubernur Jenderal Belanda saat zaman kolonial. Istana ini didirikan pada tahun 1745 dan dibangun oleh Gubernur Jenderal Belanda Raffles yang pertama, J. Van Der Capellen. Istana ini merupakan salah satu contoh arsitektur kolonial Belanda yang masih dapat dilihat sampai sekarang.
  • Gedung Kepatihan adalah gedung pemerintahan Belanda saat zaman kolonial yang dibangun pada tahun 1869. Gedung ini dulunya digunakan sebagai kantor kepala desa dan sekarang digunakan sebagai kantor dinas perpustakaan dan kebudayaan Jawa Barat.
  • Gedung Stadhuis (City Hall) adalah gedung pemerintahan Belanda saat zaman kolonial yang dibangun pada tahun 1884. Gedung ini dulunya digunakan sebagai kantor pemerintah kota dan sekarang digunakan sebagai kantor dinas perpustakaan dan kebudayaan Jawa Barat.
  • Gedung Post Belanda adalah gedung yang digunakan sebagai kantor Pos Belanda saat zaman kolonial dan dibangun pada akhir abad ke-19. Gedung ini dulunya digunakan sebagai kantor Pos Belanda dan sekarang digunakan sebagai kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.
  • Gedung Beos adalah gedung yang digunakan sebagai kantor Bea dan Cukai Belanda saat zaman kolonial dan dibangun pada akhir abad ke-19. Gedung ini dulunya digunakan sebagai kantor Bea dan Cukai Belanda dan sekarang digunakan sebagai kantor Dinas Perpajakan.

Note: beberapa diatas dapat berubah atau digunakan untuk keperluan lain.

A. Istana Bogor (Bogor Palace)

Istana Bogor, juga dikenal dengan nama Istana Kepresidenan Bogor, adalah istana resmi Presiden Republik Indonesia yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Istana ini dibangun pada tahun 1745 oleh Gubernur Jenderal Belanda Raffles yang pertama, J. van der Capellen.

Istana ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Barat.

Istana Bogor dikenal dengan arsitektur kolonial Belanda yang khas dan merupakan salah satu contoh arsitektur kolonial Belanda yang masih dapat dilihat sampai sekarang.

Istana ini memiliki beberapa gedung utama seperti Gedung Utama, Gedung Tengah dan Gedung Belakang. Gedung Utama digunakan sebagai tempat tinggal Presiden saat berkunjung ke Bogor, Gedung Tengah digunakan sebagai tempat pertemuan dan Gedung Belakang digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Istana ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti taman yang indah, kolam renang, lapangan tenis, dan kebun binatang mini. Istana ini dapat dikunjungi oleh publik pada hari Minggu dan hari libur nasional dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

B. Gedung Kepatihan

Gedung Kepatihan adalah gedung peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Gedung ini dibangun pada tahun 1869 dan dulunya digunakan sebagai kantor kepala desa saat zaman kolonial Belanda. Sejak itu, gedung ini digunakan sebagai kantor dinas perpustakaan dan kebudayaan Jawa Barat.

Gedung Kepatihan memiliki arsitektur kolonial Belanda yang khas, dengan atap berbentuk kerucut dan jendela yang besar. Gedung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti perpustakaan dan ruang-ruang untuk kegiatan kultural. Gedung ini dapat dikunjungi oleh publik, dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Gedung Kepatihan merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting di Kota Bogor dan diharapkan dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran sejarah dan budaya bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

C. Gedung Stadhuis (City Hall)

Gedung Stadhuis (City Hall) adalah gedung peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Gedung ini dibangun pada tahun 1884 dan dulunya digunakan sebagai kantor pemerintah kota saat zaman kolonial Belanda. Sejak itu, Gedung ini digunakan sebagai kantor pemerintah kota atau kantor Bupati.

Gedung Stadhuis memiliki arsitektur kolonial Belanda yang khas, dengan atap berbentuk kerucut dan jendela yang besar. Gedung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang-ruang untuk kegiatan pemerintahan. Gedung ini biasanya tidak dapat dikunjungi oleh publik, karena digunakan sebagai kantor pemerintah aktif.

Gedung Stadhuis merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting di Kota Bogor dan diharapkan dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran sejarah dan budaya bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

D. Gedung Post Belanda

Gedung Pos Belanda adalah gedung peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Gedung ini dibangun pada akhir abad ke-19 dan dulunya digunakan sebagai kantor Pos Belanda saat zaman kolonial Belanda. Sejak itu, gedung ini digunakan sebagai kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Beberapa gedung peninggalan kolonial Belanda di Kota Bogor. Gedung Pos Belanda memiliki arsitektur kolonial Belanda yang khas, dengan atap berbentuk kerucut dan jendela yang besar. Gedung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang-ruang untuk kegiatan administrasi. Gedung ini biasanya tidak dapat dikunjungi oleh publik, karena digunakan sebagai kantor pemerintah aktif.

E. Gedung Beos

Gedung Beos (Bea dan Cukai Belanda) adalah gedung peninggalan kolonial Belanda yang terletak di Kota Bogor, Jawa Barat. Gedung ini dibangun pada akhir abad ke-19 dan dulunya digunakan sebagai kantor Bea dan Cukai Belanda saat zaman kolonial Belanda. Sejak itu, gedung ini digunakan sebagai kantor Dinas Perpajakan.

Baca juga Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia Pada Masa Kolonial Belanda dan Jepang

Beberapa gedung peninggalan kolonial Belanda di Kota Bogor. Gedung Beos memiliki arsitektur kolonial Belanda yang khas, dengan atap berbentuk kerucut dan jendela yang besar. Gedung ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ruang-ruang untuk kegiatan administrasi dan pemungutan pajak. Gedung ini biasanya tidak dapat dikunjungi oleh publik, karena digunakan sebagai kantor pemerintah aktif.

Gedung Beos merupakan salah satu peninggalan sejarah yang penting di Kota Bogor dan diharapkan dapat dijadikan sebagai tempat pembelajaran sejarah dan budaya bagi masyarakat, khususnya generasi muda.

Istana Kepresidenan Bogor salah satu bukti sejarah kolonial Belanda (ft/istimewa)
Istana Kepresidenan Bogor salah satu bukti sejarah kolonial Belanda (ft/istimewa)

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site