Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Standar memelihara lingkungan kantor

Advertisement

Standar memelihara lingkungan kantor, Pegawai bekerja di kantor lebih dari 7 jam setiap kerja, sehingga kantor merupakan tempat yang cukup lama dihuni pegawai. Oleh karena itu berkembanglah usaha untuk membuat pegawai betah di kantor.

Salah satu usaha tersebut antara lain adalah pengaturan ruang kantor dalam arti seluas-luasnya dengan memanfaatkan pola pengembangan tata ruang kantor (office layout).

Masalah itu menjadi bagian yang penting dari usaha merealisasikan salah satu tujuan agar kantor menjadi tempat menarik, produktif.

Advertisement

Tata ruang kantor

Dengan perkataan lain pengaturan tata ruang kantor memberi tempat tentang masalah estetika, artistika, produktivitas yang akan mempengaruhi pegawai agar merasa senang bekerja di kantor dan dapat menghasilkan produk kerja yang optimal. Tak berlebihan bahwa kantor sering dijuluki the second family atau rumah tangga kedua pegawai.

Lingkungan kantor yang ideal adalah lingkungan tertib, teratur, aman dan produktif. Keadaan seperti itu menjadi idaman bagi setiap anggota keluarga, kantor, manajer kantor dan pimpinan. Namun jangan hanya merupakan idaman belaka, sebab yang lebih penting adalah mengadakan realisasi dari idaman itu menjadi terwujud. 

Artikel Terkait

Sopan santun di tempat kantor, seperti di halaman parkir, di taman, di tempat kerja, kamar kecil dan kantin merupakan pokok permasalahan uraian di bawah ini.

Baca juga Peluang kerja dan Usaha di Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

a) Etiket di Tempat Parkir

Dikota masalah parkir kendaraan bermotor sudah menjadi masalah yang unik. Kantor yang memiliki peralatan sudah semakin menciut, lebih-lebih dikota besar. Ini disebabkan jumlah kendaraan yang setiap hari diparkir di kantor tidak seimbang lagi dengan jumlah luas peralatan parkir yang tersedia.

Akibat loncatan teknologi kendaraan bermotor yang dihasilkan oleh pabrik kian hari kian bertambah dan pegawai yang mempunyai kecenderungan ingin memperoleh kemudahan transportasi juga menunjukkan kebaikan.

Advertisement

Maka di kota besar jumlah pegawai yang memiliki kendaraan pribadi pun menjadi berlipat. Sebagai akibat kejadian itu peralatan parkir kantor yang tersedia menjadi tidak muat untuk menampung kendaraan pegawai, kendaraan kantor dan kendaraan tamu.

Sopan santun memarkir kendaraan

Untuk membantu mengatasi masalah itu dan untuk menjaga agar di pelataran parkir kantor tetap tertib dan teratur, pegawai kantor dituntut memiliki sopan santun ketika mereka parkir kendaraannya di parkiran kantor. Sopan santun memarkir kendaraan di halaman parkir antara lain sebagai berikut:

  1. Ikutilah petunjuk yang ada di pelataran parkir kantor
  2. Biasa telah diatur pelataran parkir untuk kendaraan pejabat, kendaraan pegawai dan kendaraan tamu. Patuhilah petunjuk-petunjuk itu.
  3. Masuklah dari pintu masuk dan ikutilah rambu-rambu di pelataran parkir dan minta karcis tanda masuk
  4. Keluar dari pintu keluar dengan mengikuti rambu-rambu, lalu berikanlah karcis tanda parkir anda keluar
  5. Kuncilah semua pintu mobil anda dan sebaiknya mengosongkan mobil dari barang-barang berharga seperti STNK, SIM, Surat Penting dan lain-lain.
  6. Jika memungkinkan bebaskan perseneling mobil dan lepaskan rem tangan, sehingga petugas dapat mengatur kendaraan yang diparkir di belakang mobil anda, kalau akan lebih dahulu.
  7. Sebaiknya jangan memakai klakson atau gas tetapi kemudian kendaraan dengan halus sehingga tepat di kantor tepat di tempat parkir yang disediakan, demikian pula kalau keluar hindari membunyikan klakson dan memainkan gas berlebihan.
  8. Sediakan uang pas untuk biaya parkir kalau kantor anda terpaksa mengadakan peraturan itu.
  9. Jika pada waktu anda memarkir mobil menyenggol mobil lain karena sempit ruangan parkir, sampai menimbulkan cacat seperti lecet dan lain-lain, mintalah maaf dengan mempergunakan kartu nama anda dan selipkan di wiper pada mobil yang lecet. Katakan anda bersedia mengganti kerugian.
  10. Dibeberapa tempat parkir ada peralatan parkir khusus untuk pegawai yang diatur dengan komputer. Pegawai cukup memasukkan tanda pengenal dalam slot, kalau ingin keluar masuk ke halaman parkir untuk membuka pintu halaman parkir.
  11. Ada pula tempat parkir yang diatur khusus parkiran kendaraan diatur oleh para petugas tersebut.

Pemilik kendaraan (khusus tamu) memberikan kunci mobilnya kepada petugas parkir dan petugas lah yang memarkir kendaraan di pelataran parkir.

Advertisement

Jika pemilik kendaraan akan keluar meninggalkan kantor sudah selesai urusannya, cukup memberitahukan kepada resepsionis dan mobil akan disiapkan di pintu. Untuk memarkir sepeda motor biasanya telah tersedia tempat khusus. Ikutilah tata tertib parkir sepeda motor dan jangan mengunci kendaraan.

Gambar. Lobby bagian dari lingkungan kantor (foto/istimewa)
Gambar. Lobby bagian dari lingkungan kantor (foto/istimewa)

b) Etika di Taman Kantor

Taman yang ditata di halaman pekarangan kantor mempunyai fungsi sebagai penyedap pandangan dan mempercantik lingkungan. Tumbuh-tumbuhan hias juga berfungsi sebagai pelindung alam serta mencegah polusi.

Standar memelihara lingkungan kantor. Oleh karena itu banyak kantor yang tidak memiliki halaman taman terpaksa membuat taman buatan dengan pohon dan tanaman plastik sebagai penyejuk ruangan.

Advertisement

Pegawai harus ikut merawat, menjaga dan melestarikan tumbuh-tumbuhan yang ditanam di halaman kantor atau taman-taman di ruangan kerja, gang, ruang tamu dan lain-lain di lingkungan kantor. 

Sopan santun pegawai dalam kaitannya dengan melestarikan taman, tumbuh-tumbuhan di taman halaman kantor lain sebagai berikut: 

  1. Hindari membuang sampah di taman.
  2. Hindari menaruh puntung rokok di pot tempat tumbuh-tumbuhan ditanam.
  3. Ikutlah memelihara keindahan dengan melestarikan tanaman kantor.
  4. Hindari memetik bunga, sekalipun itu menarik perhatian anda.
  5. Ikutilah berusaha untuk melestarikan tanaman.

Jika seluruh pegawai ikut menjaga melestarikan taman dan tanaman yang ada sudah tentu akan tercipta lingkungan yang indah sejuk dan bersih sedap dipandang.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button