Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Etika pegawai dalam bekerja di kantor

Advertisement

Etika pegawai dalam bekerja di kantor, Pegawai yang bekerja di kantor akan melakukan komunikasi dengan pegawai yang lainnya, untuk beberapa hal kepentingan yang berhubungan dengan pekerjaan di dalam kantor. Banyak hal yang perlu diperhatikan untuk menjalin komunikasi dengan pegawai yang lainnya. Etika pegawai dalam bekerja di kantor perlu diperhatikan untuk menjalin komunikasi yang baik dalam kantor.

1. Etika pegawai dalam bekerja di kantor

Setiap badan usaha perkantoran tersedianya Tool of management, yakni man, money, material, machine, method, moral dan market. Ketujuh elemen manajemen tersebut akan menjadi kurang berarti kalau elemen utama “manusia/man” teledor dan kurang cermat dalam melaksanakan proses manajemen melalui komunikasi secara efektif.

Pegawai, ketika melakukan kontak komunikasi dengan sesama rekan, pimpinan, bawahan masyarakat kantor atau masyarakat membutuhkan berkomunikasi dengan memanfaatkan teknik dan media komunikasi yang tersedia di kantor.

Advertisement

Yang tidak kalah penting dalam komunikasi adalah penerapan etika dan etiket/sopan santun pergaulan yang sesuai dengan situasi tatkala pegawai melaksanakan komunikasi baik dengan anggota dan masyarakat kantor khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Coba anda amati gambar diatas ini, apa yang kamu ketahui tentang pesan gambar terhadap karyawan tersebut dan diskusikan.

Artikel Terkait

Etika merupakan bahan bakar

Dari ketujuh elemen manajemen dan etiket pergaulan merupakan minyak pelumas kelancaran dan keberhasilan realisasi tujuan manajemen secara tuntas.

Dengan perkataan lain etika dan etiket juga berfungsi sebagai pelengkap yang berguna untuk mewujudkan efisiensi, efektifitas dan produktifitas manajemen. Khususnya dibidang praktek komunikasi.

Untuk menyelesaikan permasalahan manajemen hingga tuntas diperlukan pemanfaatan kemampuan berkomunikasi, baik komunikasi formal, informal, langsung tak langsung, vertikal dan horizontal.

Sekalipun demikian komunikasi masih memerlukan dukungan dana dan sarana komunikasi dan ditunjang dengan etika dan etiket yang sesuai dengan ketika interaksi komunikasi dilaksanakan di kalangan masyarakat kantor dan masyarakat umumnya, agar mencapai hasil maksimal.

Advertisement

2. Garis Besar Etiket pegawai dalam bekerja di kantor

Perlu diperhatikan kemampuan untuk melakukan sosialisasi atau berinteraksi antar sesama pegawai yang berada dalam ruang lingkup pekerjaan dalam kantor. Selama berada di kantor kita akan berhubungan dengan banyak pegawai baik bawahan maupun atas, atau pegawai yang tua dan muda.

Gambar 8a. Komunikasi sesama karyawan menggunakan bahasa yang efektif (foto/istimewa)

a) Etiket Berbicara

Melakukan pembicaraan antar pegawai di ruangan tempat bekerja adalah cara efektif untuk menyelesaikan pekerjaan kantor. Bahkan pegawai wajib melakukan pendekatan, konsultasi dengan sesama rekan dan membicarakan tentang masalah yang berhubungan dengan masalah yang terjadi di kantor dan mencari jalan penyelesaiannya.

Advertisement

Peranan pembicaraan informal tidak kecil manfaatnya dalam penyelesaian masalah kantor. Oleh karena itu pegawai perlu memanfaatkan pembicaraan antara rekan dengan seefektif mungkin.

Sekalipun demikian besar peranan pembicaraan, kontak pribadi/pendekatan informal yang harus dilakukan di ruangan tempat bekerja, haruslah senantiasa mengingat, bahwa ruangan tempat bekerja adalah tempat untuk bekerja, bukan untuk tempat ajang dialog berkepanjangan.

Oleh karena itu berbicaralah seperlunya, gunakan Bahasa Indonesia yang benar dan baik, hindarilah berbicara dengan berbisik, dan yang sama sekali harus dihindari adalah menggunakan ruangan tempat bekerja untuk mengobrol yang tidak berhubungan dengan pekerjaan yang dihadapi.

Advertisement

Kalau terpaksa akan melakukan pembicaraan di ruangan kantor tempat bekerja lebih bijaksana, kalau melakukan pembicaraan di ruangan tamu khusus untuk itu.

Pada waktu istirahat anda diperkenankan melakukan pembicaraan, mengobrol, membuat joke/lelucon yang segar. Setelah selesai istirahat mulai kembali kerja dan hentikan pembicaraan, segera kembali bekerja.

b) Etiket Merokok

Merasakan kenikmatan adalah hak setiap orang. Merokok adalah merasakan kenikmatan bagi mereka yang telah merasakan nikmatnya rokok. Merokok sambil bekerja merupakan kebiasaan yang kurang terpuji.

Namun demikian masih banyak yang bekerja sambil merokok dan tempat abu rokok yang di meja kerjanya bertumpuk dengan puntung rokok, artinya bekerja harus merokok maka pegawai yang berlaku demikian sudah kecanduan atau lebih dari itu sudah kena penyakit, yakni penyakit merokok.

Merokok yang dilakukan pada saat yang tepat akan menunjukkan kepribadian yang menarik, apalagi tidak merokok sama sekali adalah lebih gentle/menarik. Kebiasaan tidak merokok dapat dilatih sejak kecil dan dibina dengan suatu keyakinan bahwa tanpa mengisap rokok pun tak mengurangi martabat dirinya.

Terlepas pegawai yang merokok atau tidak, meja tempat bekerja hendaklah bebas dari abu dan puntung rokok. Kurang sedap rasanya meja kerja dipenuhi punting rokok atau asbak dengan penuh rokok tersaji di depannya.

Ruangan bekerja adalah bukan ruangan untuk merokok. Lebih baik tidak merokok di ruangan bekerja dan kalau ingin merokok keluarlah ke tempat tertentu untuk menghisap rokok, lebih-lebih untuk ruangan tempat bekerja tidak ada ventilasi udara atau ber AC, jangan sekali kali merokok.

c) Etiket Minum

Minum sangat berguna sebagai penambahan energi, tubuh tidak boleh kekurangan air, kalau ingin mempertahankan kesehatan. Pegawai yang duduk seharian di kantor memerlukan kadar air secukupnya dalam tubuh. Kekurangan air dalam tubuh akan berakibat mudah terserang penyakit kencing batu, ginjal, liver, dan lain-lain.

Sangat dianjurkan pegawai mengatur diri untuk memperoleh air yang cukup di tubuhnya dengan minum secara teratur. Karena itu di meja perlu ada segelas air minum, namun alangkah baiknya tempat minum disediakan di tempat lain dan pegawai yang akan minum mengambil sendiri dan minum yang telah disediakan tidak di meja kerja.

Meja kerja yang bebas dari gelas air minum, asbak, abu rokok dan puntung rokok akan memberi kesan benar-benar meja untuk kerja serta akan menimbulkan kesan yang anggun.

d) Etiket Makan

Cukup makan, minum dan istirahat bagi seseorang yang bekerja keras adalah syaat tetap untuk mempertahankan kesehatan. Dengan kesehatan yang prima, seseorang akan dapat menjalankan tugas sehari-hari dengan sebaik-baiknya. 

Pegawai kantor pun harus menjaga kesehatannya tetap prima dan tetap fit setiap hari. Cara mempertahankan kesehatan antara lain dengan memperhatikan makan, minum dan istirahat secukupnya sesuai dengan aturan kesehatan.

Sekalipun demikian, makan di meja kerja pada saat bekerja bukanlah tindakan yang terpuji. Seperti halnya minum, sebaiknya makannya pun tidak perlu dilakukan di meja kerja, tetapi dilakukan di tempat khusus atau di kantin.

Kebiasan makan, minum dan merokok di ruangan tempat kerja, pada saat jam kerja sebaiknya ditinggalkan dan ditiadakan, sehingga ruangan tempat kerja benar-benar merupakan tempat bekerja yang berfungsi produktif.

e) Etiket di Kamar Kecil

Di kantor terdapat kamar kecil (toilet) sebagai penyelenggaraan kesehatan amatlah besar. Ada sementara kantor yang mempergunakan air sebagai sarana untuk membersihkan kamar kecil sehabis dipergunakan, tetapi ada pula yang mempergunakan kertas pembersih (toilet paper) untuk membersihkan diri sehabis buang air besar.

Apapun sarana pembersih yang digunakan, kamar kecil harus dijaga tetap bersih, walaupun sudah ada petugas khusus yang mengurusi kebersihan kamar kecil tersebut. Sopan santun penggunaan kamar kecil antara lain sebagai berikut:

  1.  Pakailah air secukupnya untuk membersihkan kakus, atau tempat untuk buang air kecil
  2. Tutup kran sehabis dipergunakan
  3. Jangan membuang puntung rokok di WC atau tempat membuang air kecil
  4. Kertas pembersih yang telah dipergunakan hendaknya dibuang pada tempatnya atau disiram dengan air kedalam closet.
  5. Coret mencoret di kamar kecil adalah tidak termasuk adab luhur, oleh karena itu jangan dilakukan.
  6. Kalau untuk kamar kecil dikenakan dana, bayarlah dengan uang pas
  7. Tinggalkan kamar kecil tetap bersih
  8. Jika kamar kecil menggunakan karpet, berhati-hatilah jangan sampai basah.
  9. Jangan membuang sampah kertas yang berakibat kotornya kamar kecil.

Demikian sedikit sopan santun yang dapat dipergunakan dalam kamar kecil yang berada di kantor.

f) Etiket Kantin

Sudah dikemukakan bahwa keseimbangan kesehatan seseorang banyak dipengaruhi oleh makanan, minuman dan cara hidup seseorang. Pegawai yang bekerja selama 7 jam bekerja perlu penukaran kalori yang keluar dengan makanan dan minuman serta istirahat secukupnya.

Waktu istirahat bagi pegawai bermaksud untuk mengembalikan tenaga yang telah letih, agar sehabis waktu istirahat dapat bekerja kembali dengan tetap produktif.

Pada saat istirahat tersebut ada sementara kantor yang memberi waktu khusus untuk tea break, coffee break dan di Indonesia dengan waktu istirahat untuk makan.

Waktu istirahat makan, umumnya pegawai keluar kantor dan membeli makanan dikantin atau rumah makan atau warung yang dekat dengan kantor. Waktu makan dikantin hendaknya tetap memperhatikan sopan santun sebagai adat kebiasaan yang baik antara lain sebagai berikut:

  1. Pesanlah makanan dengan sabar. Sambil menanti anda dapat membaca.
  2. Kalau ada aturan antri untuk membeli makanan antrilah jangan sekali-kali menyelak.
  3. Makanlah dengan sopan, sebaiknya tidak berbicara waktu makan makanan
  4. Jagalah meja anda tetap bersih. Hindarilah makanan yang jatuh di meja atau minuman yang tumpah.
  5. Sehabis makan, kalau anda minum dengan maksud menghilangkan makanan yang melekat di sela-sela gigi dengan berkumur, sebaiknya tutuplah mulut dengan sapu tangan.
  6. Jika terpaksa makanan yang melekat di sela-sela gigi dan harus dipergunakan tusuk gigi tutuplah mulut dengan telapak tangan sementara tangan kanan menghilangkan makanan yang melekat.
  7. Sendok dan garpu yang anda pakai hendaklah diletakkan di piring bekas makan
  8. Bayarlah dengan uang pas sedapat mungkin dan jika pembayaran memakai kupon belilah kupon lebih dahulu.
  9. Ketika makan hendaknya mengingat kawan lain yang akan mempergunakan kantin untuk keperluan yang sama. 

Oleh karena itu jangan terlalu lama duduk di kantin ketika waktu istirahat makan. Demikian sedikit anjuran ketika mempergunakan untuk keperluan makan.

Gambar. Etiket bergaul semasa teman di tempat kerja perlu diperhatikan (foto/istimewa)
Gambar. Etiket bergaul semasa teman di tempat kerja perlu diperhatikan (foto/istimewa)

g) Etiket di Ruang Tempat Kerja

Ruangan tempat kerja pegawai umumnya dirancang untuk memperlancar proses kerja agar efektif, efisien dan produktif. Selain itu ruang kerja pegawai juga ditata agar menjadi tempat kerja yang aman, tertib, teratur, indah dan kalau perlu artistic. Namun yang paling utama, tempat bekerja harus dapat menghasilkan peningkatan produksi.

Baca juga Konsep dan Pengertian Pelayanan Prima

Dengan dasar pemikiran diatas, pegawai kantor wajib menjaga agar ruang tempat kerja memenuhi fungsi utama meningkatkan produktivitas, disamping fungsi lain. Konsekuensi dari peningkatan produksi dapat mempengaruhi tingkah laku serta sikap pegawai kantor yang bekerja di ruangan itu.

Etika pegawai dalam bekerja di kantor, Pegawai mempunyai kewajiban mengatur ruangan tempat bekerja, sekurang-kurangnya ruangan tempat sekitar tempat duduk pegawai menjalankan pekerjaan. Agar lebih efektif dan sesuai dengan kelancaran aliran pekerjaan.

Pada umumnya setiap pegawai yang diserahi meja, kursi, peralatan lainnya yang harus menjadi tanggung jawabnya. Peralatan itu hendaklah dipergunakan baik-baik untuk membantu penyelesaian tugas kewajibannya.

Untuk menjaga ruang tempat kerja tetap tertib, teratur indah dan produktif, pegawai kantor terikat kepada sopan santun ketika berada di ruangan bekerja.

Adapun sopan santun yang perlu diperhatikan di ruang tempat kerja meliputi antara lain sopan santun berbicara, merokok, makan, minum dan sopan santun dikamar kecil serta di kantin.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button