Advertisement
Advertisement
Berita

Semarak kemerdekaan 77 tahun Indonesia merdeka!

Advertisement

Semarak kemerdekaan 77 tahun Indonesia merdeka! Masih ingat? lagu Hari Merdeka Cipt. H. Mutahar. Lagu yang selalu dinyanyikan saat hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia. Dengan nada yang penuh semangat dan dinyanyikan dengan lantang. Membakar semangat seluruh  bangsa di Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia.

Semangat kemerdekaan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia bersatu padu untuk membangun bangsa dan negara yang Adil dan Makmur. 17 Agustus 2022 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, milik pemuda-pemudi Indonesia dan Pelajar Indonesia yang sekarang ini sudah bisa menikmati kemerdekaan dengan berbagai fasilitas. Kondisi sekarang ini merupakan hasil jerih payah para pahlawan bangsa dan negara yang berjuang pada saat kemerdekaan.

Advertisement

Pada HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 Rabu, 17 Agustus 2022. Pemerintah Republik Indonesia melalui saluran TVRI banyak mengangkat profil pejuang dari kalangan Guru, baik peranan guru pada masa sekarang dan peran guru pada masa penjajahan dan kemerdekaan Indonesia.

Gambar. Upacara memperingati HUT RI ke 77 di kemendikbud ristek dihadiri menteri Nadiem Anwar Makarim (foto/istimewa)

Upacara HUT Kemerdekaan RI di Kemendikbudristek

Pada Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kantor Mendikbudristek, Menteri Nadiem Anwar Makarim menyampaikan pidato sambutan dengan kutipan sebagai berikut. Pada 77 tahun yang lalu, dengan penuh keberanian para pendahulu kita mengumandangkan proklamasi, mengibarkan sang saka merah putih, menyatakan kemerdekaan dan kedaulatan bangsa; lalu terlahirkan Indonesia Merdeka.

Selanjutnya kutipan pidato yang menarik lainnya sebagai berikut. Selamat memperingati hari ulang tahun ke 77 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022. Khusus bagi para pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik di seluruh tanah air, mari lanjutkan gotong-royong kita untuk memulihkan dan membangkitkan Indonesia Merdeka, mewujudkan Merdeka Belajar. 

Unduh Sambutan Mendikbudristek pada Upacara Peringatan HUT Ke-77 Kemerdekaan RI Tahun 2022 di sini.

Upacara HUT Kemerdekaan RI

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI secara Nasional diLaksanakan di Istana Negara Jakarta dihadiri Presiden dan Wakil Presiden dan Pejabat Negara Republik Indonesia serta tamu undangan dari berbagai negara yang diwakili oleh kedutaan besar yang ada di Indonesia.

Selain upacara secara nasional yang dilaksanakan di istana negara dan masyarakat umum bisa mengikuti jalannya upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI melalui siarang-siaran TV Nasional.

Advertisement

Nuansa kemerdekaan di daerah-daerah Indonesia satu dengan yang lainnya berbeda-beda dan cara bangsa Indonesia menikmati kemerdekaan juga berbeda bahkan ada yang merayakan di atas gunung dan di dalam laut. Semua ini memiliki makna yang  sama memperingati hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2022 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Gambar. Upacara memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di SMPN 20 Depok (foto/istimewa)

Memperingati HUT Kemerdekaan RI di Sekolah

Semarak kemerdekaan 77 tahun Indonesia merdeka! Sekolah-sekolah tidak diliburkan, mengadakan upacara secara mandiri di sekolah masing-masing dihadiri oleh seluruh komponen sekolah, Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, Guru-guru, Karyawan serta seluruh siswa sekolah ikut menghadiri dan melaksanakan upacara memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 “Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat”.

Baca juga Simak Amanat Pembina Upacara SMK Nasional; Indonesia sudah merdeka 77 tahun

Advertisement
Gambar. Pembagian hadiah lomba memperingati HUT RI ke 77 (foto/istimewa)

Memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke 77 di SMPN 20 Depok sangat meriah. Beberapa hari menjelang Upacara HUT RI ke 77, di sekolah mengadakan lomba-lomba yang diikuti oleh seluruh kelas dengan juru-juri melibatkan guru-guru. kegiatan lomba dalam rangka hari ulang tahun ini sifatnya happy fun untuk menghibur dan memeriahkan hari ulang tahun Kemerdekaan RI.

Game dan Kemeriahan lomba-lomba ini tidak semata-mata mencari juara tetapi mereka lakukan untuk membangkitkan semangat juang para pahlawan yang telah merebut kemerdekaan dari penjajah.

Kemenangan dari game yang mereka lakukan sebagai bonus kemeriahan HUT Kemerdekaan RI, hadiah yang diterima mereka nikmati bersama-sama dengan teman-temannya dalam satu kelas. (P’e / buguruku)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button