Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan

Advertisement

Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan, Uang adalah segala sesuatu yang dapat diterima oleh masyarakat umum sebagai alat tukar menukar dalam lalu lintas perekonomian.

Uang mempunyai syarat-syarat tertentu 1) dapat diterima masyarakat umum, 2) mudah disimpan dan nilainya tetap, 3) mudah dibawa ke mana-mana, 4) mudah dibagi tanpa mengurangi nilai, 5) jumlahnya terbatas sehingga tetap berharga.

Jenis-jenis uang dapat dibagi berdasarkan 1) bahan, 2) lembaga yang mengeluarkan dan 3) nilainya. Uang mempunyai fungsi asli dan turunan.

Advertisement

Pembahasan tentang uang juga membahas tentang Lembaga Keuangan Bank dan Non Bank. Apabila dilihat dari tugas utama bank, bank mempunyai tugas 1) penghimpun dana masyarakat, 2) penyalur dana masyarakat dan 3) perantara dalam lalu lintas perdagangan.

Baca juga Syarat-Syarat Uang Sebagai Nilai Tukar dan Alat Pembayaran

Jenis-Jenis Bank

Rangkuman Uang dan Lembaga Keuangan, Berdasarkan jenisnya bank dibedakan atas, 1) Bank Sentral, 2) Bank Umum, 3) Bank Perkreditan Rakyat. Jenis-jenis lembaga keuangan non bank 1) asuransi, 2) koperasi kredit, 3) Perum Pegadaian, 4) Lembaga Dana Pensiun.

Mata uang di Indonesia hanya dikeluarkan oleh Bank Indonesia sebagai alat pembayaran yang syah sehingga apabila terdapat kecurangan dari oknum tertentu tentang pembuatan uang palsu, maka sebagai warga masyarakat wajib melaporkan.

Baca juga Bank Lembaga Keuangan Penghimpun dana dari Masyarakat

Pajak

Pajak adalah iuran (pembayaran) wajib yang dibayarkan oleh wajib pajak kepada negara berdasarkan undang-undang dengan tidak mendapat balas jasa secara langsung dari negara dan digunakan untuk membayar pengeluaran umum, dalam rangka meningkatkan kesejahteraan umum.

Advertisement

Fungsi pajak antara lain: fungsi anggaran, fungsi mengatur, fungsi redistribusi pendapatan, dan fungsi stabilitas.

Gambar 63a. Salah satu tempat untuk pembayaran pajak (ilustrasi foto/Berita Daerah)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button