Advertisement
Advertisement
GeografiIPS Kelas 10

Rangkuman Sumberdaya alam mencakup semua pemberian alam

Advertisement

Rangkuman Sumberdaya alam mencakup semua pemberian alam di bawah atau diatas bumi baik yang hidup maupun yang tidak hidup. Pengertian sumberdaya alam meliputi semua sumberdaya dan sistem yang bermanfaat bagi manusia dalam hubungannya dengan teknologi, ekonomi dan keadaan sosial tertentu. 

Penggunaan sumberdaya

Meliputi konsumsi langsung seperti konsumsi ikan segar, air, rekreasi di luar rumah, kayu bakar untuk masak; sebagai masukan untuk pengolahan seperti bijih besi, bijih tembaga bai industri peleburan besi dan tembaga; sebagai konsumsi untuk pengolahan leih lanjut, seperti bahan bakar dikonsumsi dalam pabrik dan angkutan, penggunaan pada tempatnya seperti taman, daerah cagar alamdan sebagainya.

Dapat juga pengelolaan sumberdaya untuk tujuan bermacam-macam seperti pengolahan hutan untuk perkayuan, watershed (sumber air) dan rekreasi.

Advertisement

Adanya sumberdaya alam dapat dilihat dalam arti stock atau persediaan yang ada pada suatu saat (reserve) atau aliran (flow) dari barang-barang sumberdaya atau jas yang dihasilkan oleh stock sumberdaya tersebut.

Stock atau reserve menunjukkan apa yang diketahui tersedia bagi pengunaan sepanajang waktu yang akan sedangkan aliran barang dan jasa menunjukkan bahwa barang dan jasa sedang dimanfaatkan. 

Pengelolaan sumberdaya alam

Sumberdaya alam harus dipandang sebagai bagian sistem secara luas. Jangan sampai pengolahan suatu sumberdaya akan merusak jenis sumberdaya lain. Penggalian tambang batu bara mungkin menyebabkan aliran air tanah, sungai dan sumur-sumur menjadi kering untuk selamanya. Acid dari belerang bila terbuka dan kena air hujan akan mengotori sumber-sumber air dan membunuh tanaman serta ikan.

Permasalahan-permasalahan yang ada sehubungan dengan sumberdaya alam, antara lain: 

  1. kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang terjadi, berkaitan erat dengan tingkat pertumbuhan penduduk dan pola penyebaran yang kurang seimbang dengan jumlah dan penyebaran sumberdaya alam serta daya dukung lingkungan hidup yang ada;
  2. kerusakan sumberdaya alam dan lingkungan hidup yang terjadi di daerah yang tanahnya kurang subur dan penduduknya masih mempunyai kebiasaan membuka hutan untuk perladangan baru, akan terjadi kerusakan lahan. Usaha perladangan berpindah tersebut di satu pihak memerlukan tenaga banyak, sementara hasilnya dalam bentuk bahan makanan sangat sedikit, di lain pihak usaha itu mengakibatkan kerusakan hutan dan lahan yang terus meluas.

Persediaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui keadaannya serba terbatas dan tersebar tidak merata di berbagai tempat atau wilayah, sehingga terdapat wilayah yang memiliki sumber daya alam tertentu tetapi tidak memiliki sumber daya yang lain, atau suatu wilayah memiliki banyak sumber daya alam tetapi masing-masing jumlahnya terbatas.

Misalnya : Saudi Arabia kaya dengan sumber minyak bumi, tetapi tidak memiliki sumber daya alam yang lain; Nauru kaya dengan fosfat tetapi tidak memiliki sumber daya alam lain; Indonesia banyak memiliki sumber daya alam, tetapi masing-masing cadangan di dalam bumi jumlahnya terbatas. 

Advertisement

Sumberdaya alam dapat diperbaharui

Rangkuman Sumberdaya alam, Sumberdaya alam yang dapat diperbaharui keberadaannya untuk terus dapat dimanfaatkan tergantung pada kearifan manusia sendiri untuk mengelolanya, apabila dimanfaatkan secara sembrono dan merusak lingkungan tempat sumber daya alam tersebut, maka bukannya dapat diperbaharui malahan kehancuran yang akan didapatkan.

Karena itu, jangan lupa bahwa alam memiliki kemampuan yang terbatas untuk mengembalikannya, tergantung pada manusia untuk melestarikan alam dan lingkungannya. 

Pengelolaan sumberdaya alam yang dapat diperbarui merupakan penentu kelangsungan pembangunan, sehingga pemakaiannya harus memperhatikan sumberdaya alam yang lain dalam suatu ekosistem karena sumberdaya alam tersebut akan saling berkaitan dan saling berinteraksi satu sama lainnya.

Advertisement

Sumberdaya alam yang dapat memperbarui diri termasuk di dalamnya sumberdaya alam hayati. Sumberdaya alam hayati merupakan sumberdaya alam yang dapat memperbarui diri, dalam arti kata bahwa sumberdaya ini dapat dipanen berulang kali.

Tetapi bila pemanennya tidak mempertimbangkan segi kelestariannya, maka sumberdaya alam ini akan menjadi sumberdaya alam yang tidak dapat memperbarui diri.

Pemanfaatan teknologi sumberdaya alam membantu pengelolaan (ilustrasi foto/IDN Times Jabar)

Teknologi pengelolaan sumberdaya alam

Rangkuman Sumberdaya alam, Pemanfaatan sumber-sumber alam adalah tergantung pada tingkat teknologi yang ada dalam suatu masyarakat. Sudah tentu tingkat teknologi ini dapat kita pelajari dar negara yang telah majudan tidak terbatas pada cara-cara yang telah ada dalam masyarakat itu sendiri.

Advertisement

Teknik-teknik yang baru itu dapat diperkenalkan di negara-negara yang sedang berkembang dengan cara misalnya melalui perdagangan atau mendatangkan misi teknik untuk mengadakan survey dan eksploitasi di negara itu. 

penggunaan dan eksploitasi sumber-sumber alam adalah dipengaruhi oleh keadaan-keadaan dalam masyarakat yang bersangkutan. Dalam masyarakat yang masih pra-industri (belum mengalami kegiatan industri) misalnya, masyarakat itu dipandang oleh penduduknya sebagai sesuatu yang misterius dan belum dapat dimengerti. 

Baca juga Rangkuman Hidup berkebudayaan masyarakat

Kebutuhan-kebutuhan akan materi terbatas pada kebutuhan pokok. Dalam kebudayaan semacam ini manusia belum berfikir untuk menggunakan atau mengekploitasi sumber-sumber alam yang ada.

Sebaliknya dalam masyarakat industri atau yang telah maju, sikap masyarakat itu adalah agresif dan ingin menguasai alam. Sumber-sumber baru ditemukan, diperkembangkan, dan dikuasai untuk menyediakan kebutuhan-kebutuhan manusia yang selalu berkembang.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button