Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Pusat Keunggulan Ekonomi Sebagai Potensi Berkembang Daerah

Advertisement

Pusat Keunggulan Ekonomi Sebagai Potensi Berkembang Daerah, Setiap negara juga memiliki pusat-pusat keunggulan ekonomi. Apakah yang dimaksud dengan pusat keunggulan ekonomi? merupakan sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.

Pusat – pusat keunggulan ekonomi dapat diartikan pula sebagai lokasi utama yang memiliki kondisi lebih baik daripada lokasi lainnya dalam kaitannya dengan aktivitas memenuhi kehidupan atau kesejahteraan. Salah satu adalah produksi “Batik” yang terdapat di Pulau Jawa dan Bali.

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan dengan cara dilukis menggunakan canting. Batik merupakan salah satu kain yang menjadi warisan budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Salah satunya adalah batik garutan. Perbedaannya adalah, batik garutan memiliki motif unik tersendiri seperti rereng peuteuy, seling bunga, limar, dan lainnya.

Advertisement

Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

Potensi sumber daya alam Indonesia merupakan salah satu keunggulan ekonomi yang dimiliki Indonesia. Apabila hal tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik maka dapat memberikan peluang bagi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

Sumber daya alam di Indonesia tidak terbatas pada kekayaan hayatinya saja. Berbagai daerah di Indonesia juga dikenal sebagai penghasil berbagai jenis bahan tambang, seperti petroleum, timah, gas alam, nikel, tembaga, bauksit, timah, batu bara, emas, dan perak.

Di samping itu, Indonesia juga memiliki tanah yang subur dan baik digunakan untuk berbagai jenis tanaman.

Wilayah perairan Indonesia yang mencapai 7,9 juta km2 juga menyediakan potensi sumber daya alam yang sangat besar.

Potensi sumber daya alam Indonesia yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia dapat dikelola menjadi pusat-pusat keunggulan ekonomi di Indonesia yang bermanfaat untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Pada modul ini Ananda akan mempelajari tentang konsep pusat-pusat keunggulan ekonomi, pengaruh pusat-pusat keunggulan ekonomi, dan pasar bebas.

Advertisement

Konsep Pusat-Pusat Keunggulan Ekonomi

Indonesia merupakan negara yang cukup luas dengan wilayah yang terpencar-pencar karena berbentuk kepulauan. Kondisi geografis dan geologis Indonesia menyebabkan setiap wilayah memiliki karakteristik dan keunggulan ekonomi yang berbeda-beda.

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa pusat keunggulan ekonomi merupakan sistem ekonomi dimana peran pemerintah sangat dominan dan berpengaruh dalam mengendalikan perekonomian.

Baca juga Menganalisis Pengaruh Sistem Sewa Tanah Masa Pendudukan Belanda

Advertisement

Pusat – pusat keunggulan ekonomi dapat diartikan pula sebagai lokasi utama yang memiliki kondisi lebih baik daripada lainnya dalam kaitannya dengan aktivitas untuk memenuhi kehidupan atau kesejahteraan. Di Indonesia ada yang dikelola sendiri ada juga yang melibatkan investor asing.

Pusat-pusat keunggulan ekonomi yang di kembangkan Indonesia (ilustrasi foto/lensaindonesia.com)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button