Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Rangkuman Dinamika Peresebaran Penduduk Lima Benua di Dunia

Advertisement

Rangkuman Dinamika Peresebaran Penduduk Lima Benua di Dunia, Persebaran penduduk dunia tidak merata. Sebagian besar penduduk dunia tinggal di Benua Asia, yaitu sekitar 4,5 milyar sendiri dari 7,7 milyar penduduk dunia. Hal ini berarti bahwa lebih dari separoh penduduk dunia tinggal di Benua Asia.

Persebaran penduduk di setiap benua juga tidak merata. Penduduk pada umumnya memilih kota-kota sebagai tempat tinggal. Hal ini didukung oleh faktor fasilitas hidup yang lengkap di kota, banyak tersedia lapangan kerja, dan kota merupakan pusat perekonomian dan pemerintahan.

Kualitas penduduk suatu daerah ditentukan oleh pendapatan, pendidikan, dan kesehatan. Setiap benua juga memiliki kualitas yang berbeda-beda. Kualitas yang tinggi biasanya ditemukan di negara-negara maju, seperti negara-negara di benua eropa, Benua Australia, dan Benua Amerika bagian utara.

Advertisement

Setiap Benua dihuni oleh etnis yang berbeda-beda pula. Pada dasarnya penduduk yang mendiami Benua maupun negara dikategorikan menjadi 3 kelompok yaitu penduduk asli, penduduk pendatang, maupun penduduk lainnya.

Baik penduduk asli, pendatang, maupun lainnya pada umumnya terdiri dari beragam etnis. Etnis biasa juga disebut dengan etnik, atau suku bangsa, yaitu suatu golongan manusia yang anggotaanggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.

Dinamika persebaran penduduk di Dunia (ilustrasi foto/reservasiku.com)

Refleksi Dinamika Lima Benua

Setelah Ananda melaksanakan aktivitas pembelajaran di atas Rangkuman Dinamika Peresebaran Penduduk di Dunia, tuliskan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bagaimana perasaan Ananda mempelajari modul pada pembelajaran 3 ini? Apakah senang atau kurang senang? Berilah alasannya!
  2. Pengetahuan tentang apa saja yang kamu peroleh setelah melaksanakan proses belajar?
  3. Sikap apa saja yang dapat kamu kembangkan setelah belajar materi di atas?
  4. Hal-hal apa yang menurut kamu sulit dikuasai dalam mempelajari materi ini?

Baca juga Dinamika Penduduk 5 Benua Perkembangan dari Tahun ke Tahun

Referensi:
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button