Ekonomi

PRODUSEN BBM TERBESAR DI DUNIA?

Daftar isi
  • A. Minyak bumi terbesar dimana?
  • B.  10 Negara penghasil minyak terbesar di dunia
  • C. Minyak bumi Indonesia urutan ke berapa?
  • D. Siapa negara penghasil minyak bumi terbesar di Asean?

Produsen BBM Terbesar di dunia? Produsen BBM adalah perusahaan atau lembaga yang menghasilkan atau memproduksi Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam jumlah besar dan menjualnya ke konsumen atau pengguna akhir. Produsen BBM terdiri dari perusahaan besar yang memproduksi BBM di tingkat global atau nasional seperti ExxonMobil, Chevron, BP, Total, Pertamina, Shell, dan lain-lain.

Produsen BBM biasanya memiliki kilang minyak atau fasilitas produksi BBM lainnya dan berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi produksi BBM. Produsen BBM juga berperan penting dalam menentukan harga BBM di pasar global dan nasional.

A. Minyak bumi terbesar dimana?

Saat ini, Saudi Arabia memiliki cadangan minyak bumi terbesar di dunia dengan perkiraan lebih dari 266 miliar barel cadangan minyak bumi yang terbukti. Sementara itu, Venezuela, Kanada, dan Iran juga memiliki cadangan minyak bumi yang besar.

Namun, perlu diingat bahwa perkiraan cadangan minyak bumi dapat berubah seiring dengan pengembangan teknologi baru dan penemuan cadangan baru, serta faktor lain seperti perubahan kebijakan pemerintah dan perubahan harga minyak dunia.

B.  10 Negara penghasil minyak terbesar di dunia

Berikut adalah 10 negara penghasil minyak terbesar di dunia berdasarkan data dari Oil and Gas Journal (OGJ) pada tahun 2021:

  1. Arab Saudi – 266,5 miliar barel
  2. Kanada – 169,7 miliar barel
  3. Iran – 157,8 miliar barel
  4. Irak – 145,0 miliar barel
  5. Kuwait – 101,5 miliar barel
  6. Uni Emirat Arab – 97,8 miliar barel
  7. Venezuela – 303,2 miliar barel
  8. Rusia – 80,0 miliar barel
  9. Libya – 48,4 miliar barel
  10. Nigeria – 37,5 miliar barel

Perlu diingat bahwa data ini hanya mencakup cadangan minyak yang terbukti dan bisa berubah seiring dengan pengembangan teknologi baru dan penemuan cadangan baru.

Baca juga Jenis-Jenis Pedagang Grosir (Wholesaler)

C. Minyak bumi Indonesia urutan ke berapa?

Menurut data dari Oil and Gas Journal (OGJ) pada tahun 2021, cadangan minyak bumi Indonesia diperkirakan mencapai sekitar 3,2 miliar barel. Dengan jumlah tersebut, Indonesia menempati peringkat ke-23 di dunia berdasarkan cadangan minyak bumi yang terbukti. 

Meskipun Indonesia memiliki cadangan minyak bumi yang cukup besar, produksi minyak bumi Indonesia telah menurun selama beberapa tahun terakhir karena faktor-faktor seperti penurunan investasi dan kurangnya eksplorasi minyak baru.

D. Siapa negara penghasil minyak bumi terbesar di Asean?

Di ASEAN, negara penghasil minyak bumi terbesar adalah Brunei Darussalam. Meskipun cadangan minyak bumi Brunei tidak sebesar negara-negara di Timur Tengah atau Kanada, namun produksi minyak bumi di Brunei tetap menjadi salah satu sumber pendapatan utama negara tersebut.

Menurut data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Indonesia, pada tahun 2020, produksi minyak bumi Brunei mencapai sekitar 106.000 barel per hari. Selain itu, Indonesia juga merupakan produsen minyak bumi yang signifikan di ASEAN, meskipun produksinya telah menurun dalam beberapa tahun terakhir.

Gambar. Produsen BBM Terbesar di dunia?
Gambar. Produsen BBM Terbesar di dunia?

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button