IPS Kelas 8Sosiologi

Pranata Sosial Mengarahkan Kerjasama Masyarakat

Pranata Sosial Mengarahkan Kerjasama Masyarakat. Sebagai makhluk sosial kita hidup di lingkungan masyarakat yang serba diatur. Segala tindak tanduk atau perilaku kita senantiasa akan diatur menurut cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama. Ketika kalian berada di rumah, kalian terikat oleh seperangkat aturan sesuai dengan kedudukan dan perannya di dalam keluarga. Sebagai seorang anak, kalian tidak dapat berbuat seenaknya sendiri ketika kalian berada di rumah. 

1. Pengertian

Kalian terikat oleh seperangkat aturan. Misalnya, sebagai seorang anak kalian mempunyai hak dan kewajiban. Apa saja hak dan kewajiban kalian di rumah ? Aturan seperti apa yang mengatur hak dan kewajiban kalian sebagai seorang anak ? Apa yang dilakukan oleh anggota orangtua dan saudaramu bila kalian tidak memenuhi kewajibanmu ? Demikian juga, ketika kalian berada di sekolah sebagai seorang siswa.

Di sekolah ada seperangkat aturan yang harus dipatuhi oleh setiap siswa, guru, dan pegawai administrasi. Apakah kalian dapat melakukan tindakan seenak sendiri selama berada di sekolah ? Ataukah kalian merasa terikat oleh seperangkat aturan sekolah. Bila kalian melanggar aturan sekolah tersebut, apakah kalian mendapatkan hukuman ?

Pranata sosial

Pranata sosial adalah suatu sistem norma untuk mencapai suatu tujuan atau kegiatan yang oleh masyarakat dipandang penting. Atau Pranata sosial adalah sistem hubungan sosial yang terorganisir yang mewujudkan nilai-nilai serta prosedur umum tertentu untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dasar masyarakat.

Dalam pengertian di atas nilai-nilai mengacu pada cita-cita dan tujuan bersama, prosedur umum adalah pola-pola perilaku yang dibakukan dan diikuti, dan sistem hubungan adalah jaringan peran dan status yang menjadi wahana untuk melaksanakan perilaku tersebut. 

Keluarga, misalnya, mencakup seperangkat nilai umum (tentang kasih saying, anak-anak, kehidupan keluarga), dan sebuah jaringan peran dan status (suami, istri, kakek, nenek, kakak, adik) yang membentuk sistem hubungan sosial yang menjadi wahana untuk melangsungkan kehidupan keluarga.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pranata sosial adalah merupakan bangunan dari seperangkat peranan dan aturan-aturan tingkah laku yang terorganisir. Aturan tingkah laku sering disebut sebagai norma-norma sosial.

2. Tujuan dan Fungsi Pranata Sosial

Kalian sudah paham pengertian pranata sosial. Pranata sosial bukan organisasi, bukan orang-orang, dan bukan pula bangunan fisik. Pranata sosial lebih merupakan suatu sistem norma yang mendasari tindakan orang untuk mencapai tujuan yang oleh masyarakat dianggap penting atau sistem norma yang mendasari tindakan orang untuk memenuhi kebutuhankebutuhannya.

Bila demikian pengertiannya, mengapa dalam kehidupan masyarakat dibutuhkan pranata sosial? Sebenarnya pranata sosial diciptakan untuk menjalankan fungsi apa ? Apa pula perbedaan antara tujuan pranata sosial dengan tujuan norma-norma sosial? 

Demikian juga, kalian dapat mengamati kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh bapak dan ibumu di rumah. Bapak dan ibumu bekerja untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Kalian juga melakukan kegiatan seperti sekoah, belajar, mengaji, menyapu, merapikan tempat tidur, dan sebagainya. Apa yang kalian dan bapak/ibumu lakukan adalah untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga. 

Pranata Sosial Mengarahkan Kerjasama Masyarakat. Dari dua contoh di atas kalian dapat menyimpulkan apa tujuan dan fungsi pranata sosial. Menurut kalian apa tujuan pranata sosial dan apa pula fungsinya ? Baiklah sekarang bandingkan kesimpulan kalian dengan uraian tentang tujuan dan fungsi pranata sosial berikut ini. 

Baca juga Penggolongan Pranata Sosial, Pranata sosial telah diberlakukan di lingkungan kita

Secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan utama diciptakan pranata sosial adalah agar kebutuhan hidup manusia dapat terpenuhi secara memadai, juga sekaligus untuk mengatur agar kehidupan sosial warga masyarakat bisa berjalan dengan tertib dan lancar sesuai dengan norma-norma sosial.

Dilihat dari fungsinya pranata sosial memberikan pedoman tingkah laku dan bersikap bagi anggota masyarakat dalam usahanya untuk memenuhi segala kebutuhan hidupnya. Pranata sosial juga berfungsi untuk menjaga keutuhan masyarakat dari ancaman perpecahan.  

Pranata sosial lebih merupakan suatu sistem norma yang mendasari tindakan orang untuk mencapai tujuan (ilustrasi foto/Liputan6)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker