Advertisement
Ekonomi

Posisi audit pemasaran pada audit manajemen

Advertisement
Advertisement

Posisi audit pemasaran pada audit manajemen. Istilah audit manajemen (management audit) sebenarnya berarti suatu audit tingkat perusahaan yang melibatkan pengukuran semua sumber daya internal dihadapkan pada lingkungan eksternal.

Dalam praktik, cara terbaik untuk melakukan suatu audit manajemen (management audit) adalah dengan melakukan audit secara terpisah untuk setiap fungsi manajemen utama.

Oleh karena itu, audit pemasaran (marketing audit) hanyalah sebagian dari audit manajemen yang lebih luas, dilakukan dengan cara yang sama seperti cara mengaudit produksi.

1. Daftar bidang-bidang audit pemasaran

Tabel 10.1. merupakan suatu daftar mengenai bidang-bidang yang diteliti sebagai bagian dari audit pemasaran.

Setiap pokok pikiran harus diuji dengan suatu pandangan yang bertujuan untuk mengisolasi faktor-faktor yang dianggap penting pada kinerja perusahaan.

Advertisement

Tugas pertama auditor adalah meneliti sejumlah besar informasi dan data yang tersedia untuk uji keterandalan dan relevansinya.

Adakalanya beberapa data dan informasi harus diorganisasikan ke dalam sebuah bentuk yang lebih mudah digunakan. Pertimbangan dibutuhkan untuk memutuskan data dan informasi tambahan apa yang dibutuhkan untuk mendefinisikan permasalahan. 

Baca juga Materi perencanaan strategi negosiasi

Proses auditing memiliki dua tahap dasar sebagai berikut:

  1. Identifikasi, pengukuran, pengumpulan, dan analisis semua fakta dan pendapat yang mempengaruhi permasalahan perusahaan.
  2. Penggunaan penilaian (judgment) untuk hal-hal yang tetap tidak jelas sampai analisis awal selesai dilakukan.
Daftar Audit Pemasaran (foto/istimewa)
Daftar Audit Pemasaran (foto/istimewa)

2. Kapan Audit Pemasaran Dilakukan?

Posisi audit pemasaran pada audit manajemen. Suatu kekeliruan yang dipercaya sebagian orang adalah bahwa audit pemasaran merupakan upaya terakhir untuk mendefinisikan suatu permasalahan pemasaran perusahaan.

Advertisement

Atau paling baik merupakan sesuatu yang dilakukan oleh sebuah badan independen dari waktu ke waktu untuk memastikan bahwa suatu perusahaan berada pada jalan yang benar. 

Baca juga Membangun suara sales executives yang enak didengar

Karena pemasaran adalah suatu fungsi yang begitu rumitnya, maka sangat perlu untuk mewujudkan suatu analisis menyeluruh, paling tidak setahun sekali di awal siklus, perencanaan.

Perusahaan yang berhasil, di samping menggunakan informasi, prosedur kontrol, dan penelitian pemasaran yang normal di sepanjang tahun, memulai siklus perencanaan setiap tahunnya dengan suatu tinjauan ulang formal, melalui suatu proses semacam audit, dari semua faktor yang memiliki pengaruh penting pada kegiatan pemasaran. 

Advertisement

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site