Sejarah

Pengaruh Penjajahan Jepang pada Kehidupan Bangsa Indonesia

Pengaruh Penjajahan jepang pada kehidupan Bangsa Indonesia, Jepang dengan mudah menguasai daerah-daerah di Asia Pasifik termasuk Indonesia karena beberap faktor, diantaranya Jepang telah berhasil menghancurkan pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawaii pada tanggal 7 Desember 1941.

Negeri-negeri induk (Inggris, Perancis, dan Belanda) sedang menghadapi peperangan di Eropa melawan Jerman, Bangsa- bangsa di Asia sangat percaya dengan semboyan Jepang (Jepang pemimpin Asia, Jepang cahaya Asia, dan Jepang pelindung Asia) sehingga tidak memberi perlawanan.

Bahkan, kehadiran Bala tentara Jepang disambut dengan suka cita karena Jepang dianggap sebagai “saudara tua” yang akan membebaskanbangsa-bangsa Asia dari penjajahan negara-negara Barat.

Di Indonesia, Jepang memperoleh kemajuan yang pesat. Diawali dengan menguasai Tarakan selanjutnya Jepang menguasai Balikpapan, Pontianak, Banjarmasin, Palembang, Batavia (Jakarta), Bogor terus ke Subang,dan terakhir Kalijati. Dalam waktu yang singkat Indonesia telah jatuh ke tangan Jepang.

Penyerahan tanpa syarat

Oleh Letjen H. Ter Poorten selaku Panglima Angkatan Perang Hindia Belanda atas nama Angkatan Perang Sekutu kepada Angkatan Perang Jepang di bawah pimpinan Letjen Hitosyi Imamura pada tanggal 8 Maret 1942 di Kalijati menandai berakhirnya kekuasaan pemerintahan Belanda di Indonesia dan digantikan oleh kekuasaan Jepang.

Pengaruh Penjajahan jepang pada kehidupan Bangsa Indonesia
Pengaruh Penjajahan jepang pada kehidupan Bangsa Indonesia

Tentara Jepang yang dikenal dengan Bala Tentara Nippon adalah sebutan resmi pemerintah militer pada masa pemerintahan Jepang.Sejak tanggal 7 Maret 1942, tentara Jepang memegang kekuasaan militer dan segala kekuasaannya yang dipegang Gubernur Jendral masa Belanda.

Pengaruh Penjajahan jepang, Kekuasaan atas wilayah Indonesia dipegang oleh 2 angkatan perang, yaitu (1) Angkatan Darat (Rikugun), (2) Angkatan Laut (Kaigun).

Baca juga Politik Etis Belanda atau Balas Budi dan Pergerakan Nasional Indonesia

Angkatan perang tersebut memiliki kekuasaan masing- masing pada daerah yang dikuasi Jepang di Indonesia, yaitu:

  • Jawa dan Madura dengan pusatnya di Batavia di bawah kekuasaan Rikugun (tentara ke XVI),
  • Sumatera dengan pusatnya di Bukittinggi berada di bawah kekuasaan Rikugun (tentara ke XXV)
  • Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku, Irian berada di bawah kekuasaanKaigun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button