IPS Kelas 8

Pengaruh keunggulan lokasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

Pengaruh keunggulan lokasi terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Kamu telah mempelajari pengaruh lokasi terhadap iklim, geostrategis, dan kondisi tanah di Indonesia. Masyarakat Indonesia setiap daerah memiliki keunggulan yang berbeda-beda. Kondisi tanah yang berbeda, menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat juga berbeda. Kondisi tersebut juga menyebabkan terjadinya saling ketergantungan antardaerah. Sebagai contoh perdagangan antar daerah terjadi sejak ribuan tahun yang lalu. Kondisi tersebut berpengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Gambar 1.29. Kegiatan tawar menawar dalam jual beli di pasar

Jual Beli di Pasar Tradisional

Komunikasi yang dilakukan antara penjual dan pembeli merupakan bentuk komunikasi langsung. Bagaimana keuntungan dan kekurangan jual beli secara langsung seperti pada gambar 1.29.? Keuntungan jual beli secara langsung diantaranya adalah antara penjual dan pembeli dapat bertemu langsung, barang yang diinginkan dapat dilihat secara langsung, pembayaran dapat dilakukan di tempat. Bagaimana kelemahan komunikasi dalam kegiatan jual beli secara langsung?

Dalam kegiatan jual beli secara langsung, penjual dan pembeli harus bertemu, barang yang akan dibeli harus tersedia, dan alat pembayaran juga harus sudah disiapkan. Pada masa sekarang, kegiatan jual beli secara langsung telah berkembang dengan berbagai cara. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah menyebabkan revolusi dalam cara berkomunikasi masyarakat di Indonesia.

Kamu tentu sangat mengenal Bandung sebagai salah satu daerah perajin sepatu terkenal di Indonesia. Kamu perhatikan gambar 1.30. promosi sepatu dalam laman internet! Sepatu produksi Bandung terkenal di berbagai wilayah Indonesia. Pada saat ini di antara kamu ada yang tinggal di Papua. Bila kamu ingin membeli sepatu produksi Bandung tidak harus pergi ke Bandung. Kamu dapat membuka internet dan mencari laman (website) perajin sepatu dari Kota Bandung seperti tampak pada gambar 1.30. Kamu dapat melihat model sepatu, warna, dan ukuran yang cocok. Apabila kamu sudah menemukan, kamu langsung dapat memesan dan membayar melalui internet banking. Dalam hitungan hari, sepatu yang kamu pesan sudah sampai di rumahmu. Dengan menggunakan cara seperti itu tentu jauh lebih efisien, dibandingkan jika kamu harus membeli langsung ke Bandung.

Gambar 1.30. Kegiatan jual beli pada jaman sekarang sudah bisa menggunakan online shopping

Jual Beli Online Shopping

Kegiatan jual beli melalui internet seperti itu merupakan salah satu pengaruh perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini. Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi pada saat ini telah memperpendek jarak dan mempercepat waktu dalam kegiatan masyarakat.

Jual beli yang pada masa lalu dilakukan secara langsung, pada saat ini dapat dilakukan melalui berbagai media internet.Teknologi informasi yang berkembang saat ini telah memperlancar kegiatan komunikasi dan mobilitas barang dan jasa secara cepat. Akses pengiriman dan penerimaan data melalui jaringan internet telah mampu mengubah gaya hidup masyarakat. Berbagai kemudahan dapat diperoleh masyarakat untuk melakukan komunikasi dan transaksi melalui kemajuan teknologi informasi.

Namun demikian, Pengaruh keunggulan lokasi terhadap perkembangan teknologi, informasi, dan komunikasi juga membawa perubahan negatif dalam kehidupan masyarakat. Pengaruh positif dan negatif tersebut terjadi pada berbagai bidang kehidupan masyarakat. Untuk mengkaji pengaruh tersebut, lakukan aktivitas kelompok berikut!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button