Advertisement
Advertisement
Berita

Peluncuran Akun Pembelajaran oleh Kemendikbud

Advertisement

Peluncuran Akun Pembelajaran oleh Kemendikbud, Jumat siang jam 13.30 kemendikbud meluncurkan akun pembelajaran yang disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Prof.Ainun Na’im, Ph.D, M.B.A.

Peluncuran applikasi berbasis elektronik yang bisa dipergunakan oleh peserta didik, guru-guru dan tenaga kependidikan di seluruh indonesia dengan domain belajar.id bisa diakses dari jaringan internet. Adapun tujuan peluncuran akun pembelajaran dalam rangka upaya mendukung kegiatan belajar mengajar dari rumah pada masa pademik Covid 19, mendukung sekolah-sekolah dalam proses kegiatan belajar mengajar berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh Indonesia yang sudah terjangkau jaringan internet.

Peluncuran Akun Pembelajaran oleh Kemendikbud, sasarang dari peluncuran akun pembelajaran ini diperuntukkan untuk sekolah-sekolah ditingkat SD dan program paket A Kelas 5 dan Kelas 6, SMP dan program paket B kelas 7 sampai dengan kelas 9, SMK Kelas 10 sampai dengan kelas 13 untuk semua jurusan, SLB Kelas 5 sampai dengan Kelas 12 serta pendidik dan tenaga kependidikan.

Advertisement

Akun pembelajaran yang diluncurkan berbasis google, akun pembelajaran otomatis akan mendapatkan akses ke G Suite for education yang siap pakai dan banyak dipergunakan publik, selajutnya pembuatan dan penggunaan akun bebas biaya dan bisa dipergunakan untuk mengakses G Suite for education. penggunaan aplikasi tidak terbatas walaupun diakses secara bersama-sama. Akun pembelajaran ini bisa juga dipergunakan untuk mengakses aplikasi-aplikasi dari kemendikbud dan juga aplikasi yang lainnya di luar akun google.

Jenis aplikasi apa saja yang dapat diakses dengan akun pembelajaran, email, penyimpanan dan barbagi dokumen secara elektronik, pengelolaan administrasi pembelajaran secara elektronik, penjadwalan proses pembelajaran secara elektronik, pelaksanaan proses pembelajaran secara daring pada intinya semua aplikasi yang aplikasi yang berbasis google Suite for education (G Suite).

Baca juga Libur akhir tahun sekolah di era pandemik covid 19 tahun 2020

Applikasi Google Suite for education ini yang menggunakan domain belajar.id tidak dapat dapat diakses secara bebas tetapi dikhususkan untuk lingkungan kemendikdud termasuk siswa dan guru, tenapa kependidikan di seluruh Indonesia. Pemamfaatan teknologi G Suite dengan domain belajar.id ini akan diberikan pelatihan bagaimana memanfaatkan fitur-fitur yang ada dalam aplikasi G Suite for education ini. Pelatihan ini akan dilakukan secara bertahap salah satu informasinya bisa diakses dari dari halaman belajar.id.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button