Advertisement
Advertisement
Berita

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Advertisement

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928. Sejarah panjang sumpah pemuda Indonesia yang mampu membangkitkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia. Seperti yang kita ketahui pada waktu itu pada tanggal 27-28 Oktober 1928 diadakan kongres pemuda seluruh Indonesia dan menghasilkan sumpah pemuda tentang semangat persatuan dan rasa cinta tanah air.

Generasi muda Indonesia harus terus menggelorakan semangat persatuan dan rasa cinta tanah air, harus terus bersemangat sampai saat ini. Seperti pepatah yang dikatakan oleh Presiden pertama Indonesia Bung Karno “berikan aku 10 pemuda niscaya akan kuguncang dunia”.

Ini menjadi bukti bahwa semangat pemuda Indonesia memiliki peranan penting dalam membangun bangsa dan negara Indonesia. Sekarang memang bukan lagi jaman perang angkat senjata tetapi kita sebagai bangsa yang besar dan memiliki sejarah panjang masa penjajahan.

Advertisement

Kebangkitan dan Kemandirian bangsa ini dimulai dari pergerakan-pergerakan kebangsaan pemuda pemudi yang cinta akan tanah airnya, sebagai tanah leluhur dan tanah kelahiran. Bangsa yang besar, bangsa yang tidak lupa akan sejarah.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 (foto/istimewa)

Memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Setiap tanggal 20 Oktober setiap sekolah mengadakan upacara bendera, memperingati hari sumpah pemuda. Bahkan ada juga sekolah setelah mengadakan kegiatan upacara memperingati hari sumpah pemuda mengadakan pentas seni dan peragaan busana ala pemuda pemudi jaman dulu kala.

Tidak lupa di SMPN 20 Depok, mengadakan peringatan hari sumpah pemuda yang dipimpin oleh pembina upacara Kepala Sekolah SMPN 20 Depok. Pada pelaksanaan upacara ini dibacakan sumpah pemuda oleh seorang siswa dan diikuti oleh seluruh peserta upacara hari sumpah pemuda.

Berbeda dengan pelaksanaan upacara di SMK Ekonomika Depok, disekolah ini upacara memperingati hari sumpah pemuda, petugas upacara menggunakan pakaian para pemudi pemuda tahun 1928. Kata salah satu petugas upacara sumpah pemuda mengatakan “Dengan menggunakan pakaian jaman dulu supaya lebih menjiwai dan mengenang semangat pemuda pemudi pada zaman itu”.

Setelah selesai menggelar upacara sumpah pemuda, diteruskan dengan mengadakan beberapa lomba diantaranya lomba cerdas cermat yang diikuti oleh seluruh kelas mulai dari kelas 10, 11 dan 12. Pertanyaan-pertanyaan dalam lomba cerdas cermat tersebut sekitar sejarah sumpah pemuda.

Baca juga Smk Ekonomika mengembangkan Skill Siswa dengan kompetisi

Advertisement

Salah satu lomba yang menarik perhatian seluruh siswa-siswi SMK Ekonomika Depok, peragaan busana dengan pakaian pemuda pemudi pada zaman dulu. Peragaan busana di gelar dengan penuh semangat tidak kalah sama peragaan busana Bonge di CFW. Penampilan peragaan busana di abadikan oleh photografer-photografer dari SMK Ekonomika.

Selesai menyelenggarakan berbagai kegiatan memperingati hari sumpah pemuda, pada akhir acara diadakan sesi photo. seluruh peserta dan panitia kegiatan tidak ketinggalan Staf pengajar dan karyawan SMK Ekonomika ikut berpartisipasi dalam sesi photo bersama.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button