Advertisement
Advertisement
Berita

Mendikbudristek Menerima Sertifikat Tanah Candi Borobudur

Advertisement

Mendikbudristek Menerima Sertifikat Tanah Candi Borobudur. Telah diserahterimakan sertifikat tahan Candi Borobudur dari Menteri Agraria dan Tata ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR / BPN) Hadi Tjahjanto kepada Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nadiem Anwar Makarim pada tanggal 18 Agustus 2022.

Sebagaimana kita ketahui Candi Borobudur merupakan cagar budaya yang menjadi kebanggaan Bangsa Indonesia. Candi Borobudur pernah tercatat sebagai keajaiban dunia di UNESCO.

Candi Borobudur menjadi bagian wisata budaya bangsa Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai belahan dunia dan banyak juga wisatawan lokal yang datang. Untuk para pelajar yang berwisata ke Yogyakarta Candi Borobudur menjadi kunjungan utama yang tidak bisa dilewatkan.

Advertisement
Gambar. Candi Borobudur cagar budaya Indonesia yang sudah mendunia bahkan pernah tercatat di UNESCO sebagai keajaiban dunia (foto/istimewa)

Wisata ke Candi Borobudur

Wisatawan yang datang ke Candi Borobudur disarankan untuk menggunakan tour guide untuk memandu jalannya wisata. Candi Borobudur memiliki sejarah panjang yang perlu diketahui agar supaya kita bisa memiliki kebanggaan dan nilai sejarah dengan berdirinya Candi Borobudur.

Baca juga 10 Potensi Negara Indonesia memiliki berbagai keunggulan

Dengan dipandu tour guide wisatawan bisa menggali nilai-nilai sejarah yang ada di candi selain wisatawan dapat nilai-nilai sejarah. Pemandu akan mengarahkan juga bagian-bagian mana yang boleh disentuh, boleh dinaiki dan perlu diketahui juga ada bagian-bagian yang tidak boleh untuk itu pemandu akan mengarahkan. Semua ini dilakukan untuk menjaga kelestarian cagar budaya Candi Borobudur.

Candi Borobudur pembangunannya dimulai sekitar 770 Masehi dan selesai pembangunannya sekitar 825 Masehi. Pembangunan candi ini bukan hal gampang memakan waktu yang cukup panjang. Candi ini perlu dijaga dan dirawat untuk kelestariannya.

Baca juga Langkah-langkah penelitian sejarah Indonesia

Pada kesempatan Mendikbudristek menerima sertifikat tanah Candi Borobudur mengajak Bangsa Indonesia bergotong royong menjaga cagar budaya Candi Borobudur untuk kelestariannya dimasa yang akan datang dan dalam waktu dekat akan dipergunakan G20.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button