Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menjelaskan etnis 5 benua yang tersebar di Seluruh Dunia

Advertisement

Menjelaskan etnis 5 benua yang tersebar di Seluruh Dunia, Setiap benua dihuni oleh penduduk yang beragam, terdiri dari berbagai ras, etnis, dan suku bangsa. Pada umumnya penduduk setiap negara maupun benua terdiri dari tiga kelompok besar, yaitu penduduk asli, dan penduduk pendatang.

Penduduk asli adalah masyarakat yang merupakan keturunan penduduk awal dari suatu tempat, sedangkan penduduk pendatang adalah penduduk yang baru menetap disebuah negara atau baru pindah dari negara lain untuk menetap dan tinggal di negara baru.

Disamping istilah penduduk, Ananda kan mengenal istilah etnis. Apakah yang dimaksud dengan etnis?

Advertisement

Etnis biasa juga disebut dengan etnik, atau suku bangsa, yaitu suatu golongan manusia yang anggota-anggotanya mengidentifikasikan dirinya dengan sesamanya, biasanya berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama.

Identitas suku ditandai oleh pengakuan dari orang lain akan ciri khas kelompok tersebut seperti kesamaan budaya, bahasa, agama, perilaku, dan ciri-ciri biologis.

Aktivitas Siswa

Menjelaskan etnis 5 benua, membuat diagram lingkaran persentase jumlah penduduk Benua Asia dan Benua lainnya dibandingkan dengan jumlah penduduk dunia.

Untuk memulai aktivitas ke-5 ini, silahkan Ananda membaca materi berikut ini. Ditinjau dari jumlah penduduknya, Asia masih memimpin sebagai wilayah dengan jumlah penduduk terbanyak. Tercatat jumlah penduduk Asia sebanyak 4,6 miliar jiwa.

Afrika dan Eropa menyusul dengan masing-masing sebanyak 1,3 miliar dan 747,2 juta jiwa. Sementara negara yang memiliki jumlah penduduk terbanyak adalah Tiongkok sebanyak 1,43 miliar jiwa, India sebanyak 1,37 miliar jiwa, Amerika Serikat (AS) sebanyak 329 juta jiwa, dan Indonesia sebanyak 270,6 juta jiwa.

Berikut ini disajikan data jumlah penduduk tiap Benua berdasarkan data worldometers. Situs ini menyajikan data secara realtime dari waktu ke waktu berdasarkan data perkiraan dari United Nations Population Division. Coba Ananda lakukan aktivitas berikut ini.

Advertisement
  1. Siapkan alat berupa kertas gambar, pensil warna, atau spidol warna, kalkulator, busur derajat, dan jangka !
  2. Isilah tabel di bawah ini!
  3. Tabel 1.10 (Sumber: http://jagoanbanten.blogspot.com)
Tabel 1.10 (Sumber: http://jagoanbanten.blogspot.com)

Intruksi Mengisi table

  • Jumlahkan jumlah keseluruhan penduduk pada tabel di atas!
  • Hitunglah persentase jumlah penduduk untuk tiap benua dengan menggunakan rumus:
Rumus Presentase Jumlah Penduduk
  • Hasil perhitungan kemudian diisikan dalam tabel!
  • Buatlah diagram lingkaran berdasarkan persentase jumlah penduduk dalam tabel di atas!
  • Berilah warna hijau untuk Benua Asia, kuning untuk Benua Afrika, merah untuk Benua Amerika, biru untuk Benua Eropa, dan ungu untuk benua Australia dan Oceania.

Baca juga AFTA (ASEAN Free Trade Area) Atau Pasar Bebas Negara-negara ASEAN

Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button