Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat Air dan Udara

Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat Air dan Udara. Setiap sarana transportasi selalu menghadapi ancaman keamanan dan kenyamanan. Kamu dapat membuka berita kecelakaan kereta api di Bintaro Jakarta pada tanggal 9 Desember tahun 2013 lalu.

Gambar 1.23. Kecelakaan kereta api Bintaro

Perhatikan gambar 1.23. dan berita tersebut!

Bagaimana kesanmu setelah membaca berita tersebut? Masinis dan teknisi kereta memahami akan terjadi tabrakan dengan truk tangki minyak. Mereka sebenarnya dapat menyelamatkan diri dengan lari ke gerbong belakang. Tetapi mereka tidak mau lepas dari tanggungjawab. Menyelamatkan penumpang adalah panggilan jiwanya.

Dengan sekuat tenaga mereka mencoba menghentikan kereta api. Tabrakan tetap terjadi, tetapi banyak penumpang berhasil selamat. Masinis, asisten dan teknisi meninggal dalam peristiwa tersebut. Ketiganya layak disebut sebagai pahlawan, rela mengorbankan dirinya demi keselamatan penumpang kereta api. Sikap mereka pantas kamu teladani.

Kisah di atas membuktikan bahwa kecelakaan transportasi menjadi salah satu ancaman keselamatan transportasi di Indonesia. Mengapa terjadi kecelakaan berupa tabrakan kereta api dan tangki minyak di Bintaro Jakarta? Selain karena kesalahan pengemudi tangki, sebab lain adalah karena rambu-rambu jalan raya dan ramburambu kereta api yang kurang berfungsi secara optimal.

Hal yang lebih penting lagi ialah mengapa di lokasi tersebut sering terjadi kecelakaan serupa, kamu dapat mengaitkan dengan faktor lokasi, faktor budaya/kebiasaan masyarakat, dan kaitannya dengan kegiatan ekonomi lainnya.

Gambar 1.24. Hujan lebat yang terjadi di Indonesia dapat membayahakan kegiatan transportasi

Dari kasus di atas, kamu tentu dapat menyimpulkan bahwa pengaruh lokasi Indonesia, keamanan dan kenyamanan transportasi harus selalu diperhatikan. Keunggulan lokasi Indonesia tidak hanya memberikan keuntungan dalam kegiatan transportasi, tetapi juga terdapat beberapa ancaman yang harus diwaspadai.

Iklim dan cuaca di Indonesia berpengaruh terhadap kegiatan transportasi. Kabut, hujan, cuaca buruk, angin, dan badai merupakan contoh ancaman alam yang merupakan dampak iklim dan cuaca di Indonesia seperti tampak pada gambar 1.24. Karena itu, masyarakat harus selalu waspada memperhatikan kondisi alam dalam melaksanakan kegiatan transportasi. Menjaga Keamanan dan Kenyamanan Transportasi Darat Air dan Udara.

Renungkan!

Masinis dan awak kereta api yang gugur dalam kecelakaan kereta api di Bintaro Jakarta dapat disebut pahlawan. Mereka merelakan jiwa dan raga demi menyelamatkan para penumpang yang merupakan tugas dan tanggungjawabnya. Untuk menjadi pahlawan tidak harus berperang melawan musuh. Kamu dapat menjadi pahlawan di manapun kamu Renungkan! berjuang untuk kepentingan bangsa dan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.