Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Mengidentifikasi upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif

Advertisement

Mengidentifikasi upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif, Pada bagian sebelumnya Ananda telah mempelajari tentang berbagai hambatan tentang ekonomi kreatif. Bagaimanakah solusi yang telah dilakukan pemerintah?

Apa sajakah strategi untuk pengembangan ekonomi kreatif guna mengatasi hambatanhambatan? Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dalam pengembangan ekonomi kreatif di atas, kerja keras pemerintah pusat dan daerah sebagai koordinator, regulator dan fasilitator mutlak diperlukan.

Pemerintah pusat maupun pemerintah daerah perlu bersinergi untuk mencapai kesepakatan melakukan terobosan sebagai solusi yang bermakna bagi para pelaku ekonomi kreatif.

Advertisement

Hal ini sejalan dengan sistem ekonomi Indonesia yang mengacu pada UUD 1945 yaitu sistem ekonomi Pancasila, yang didalamnya terkandung demokrasi ekonomi.

Dalam demokrasi ekonomi ini, melibatkan pemerintah, pengusaha swasta, dan seluruh rakyat, sehingga dalam pelaksanaannya harus ada kerja sama antara pemerintah, rakyat, dan swasta. Sistem ekonomi Indonesia di atur dalam UUD 1945 pasal 33, yang berbunyi :

  1. Ayat 1: Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan;
  2. Ayat 2: Cabang – cabang produksi yang penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh negara; dan
  3. Ayat 3: Bumi, air dan kekayaan alam yang terkandung didalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya utuk kemakmuran rakyat.

Mengidentifikasi upaya pemerintah untuk meningkatkan ekonomi kreatif, sistem ekonomi demokrasi Pancasila telah dijadikan acuan dalam mengembangkan dan meningkatkan ekonomi kreatif. Coba Ananda perhatikan gambar berikut!

Gambar. Sistem ekonomi demokrasi Pancasila (ilustrasi foto/kompasiana.com)

Berdasarkan sistem ekonomi demokrasi Pancasila di atas, bagaimanakah bentuk upaya meningkatkan ekonomi kreatif yang dilakukan pemerintah? Ada dua upaya besar yang dilakukan pemerintah dalam rangka meningkatkan ekonomi kreatif, yaitu:

  1. Pemerintah menggunakan strategi dengan melaksanakan pembangunan secara terintegrasi antara masyarakat, swasta, dan pemerintah
  2. Kementerian Perdagangan melakukan upaya pengembangan ekonomi kreatif untuk mewujudkan strategi pemerintah dengan menerapkan 10 langkah strategis.

Baca juga Pengaruh Integrasi Sosial di Kehidupan Sosial dan Budaya Masyarakat

Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button