Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Perkembangan pasar bebas di Era Globalisasi dan Peranan Indonesia

Advertisement

Perkembangan pasar bebas di Era Globalisasi dan Peranan Indonesia, Sebagaimana telah kalian ketahui bahwa saat ini kita berada pada era globalisasi, dimana salah satu ciri globalisasi adalah berkembangnya pasar bebas. Apakah yang dimaksud dengan pasar bebas?

Pasar bebas terjadi karena adanya globalisasi yaitu situasi dimana pertukaran informasi dan perdagangan antar negara berjalan dengan lancar.

Kelancaran hubungan antar negara yang saling menguntungkan mendorong negara-negara untuk meningkatkan hubungan dagang, negara-negara sepakat mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif terhadap barang ekspor dan barang impor sehingga tidak menjadi hambatan perdagangan internasional. Nah itulah gambaran apa yang dimaksud pasar bebas. Coba kalian simpulkan apa yang dimaksud pasar bebas!

Advertisement

Perdagangan bebas memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi suatu negara. Beberapa manfaat tersebut antara lain: lebih bebasnya setiap orang dalam mempunyai kekayaan dan mengolah sumber dayanya masing-masing, sehingga, tingkat kreativitas dari setiap masyarakat akan lebih berkembang lagi.

Selain itu, setiap produsen juga akan lebih dituntut untuk membuat produk yang berkualitas karena pasar bebas melahirkan persaingan yang lebih ketat antar perusahaan. Sehingga, para pengusaha pun akan menjadi lebih efektif dan efisien karena mereka akan bergerak atas dasar prinsip ekonominya masing-masing.

Menjelaskan ciri-ciri pasar bebas

Sebagaimana telah kalian ketahui bahwa saat ini kita berada pada era globalisasi, dimana salah satu ciri globalisasi adalah berkembangnya pasar bebas. Apakah yang dimaksud dengan pasar bebas? Sebagai gambaran, pasar bebas terjadi karena globalisasi dimana hubungan antar negara berjalan dengan lancar.

Kelancaran hubungan antar negara mendorong negara-negara untuk meningkatkan hubungan dagang dan untuk itu negara-negara sepakat mengurangi tarif atau bahkan menghilangkan tarif terhadap barang ekspor dan barang impor sehingga tidak terjadi hambatan pada perdagangan internasional. Nah itulah gambaran apa yang dimaksud pasar bebas.

Perkembangan pasar bebas di Era Globalisasi, pasar bebas biasanya merupakan perdagangan antar negara yang tidak melibatkan campur tangan pemerintah dalam beberapa peraturan perdagangan tertentu.

Pemerintah tidak berhak melakukan diskriminasi kebijakan impor dan ekspor. Salah satu contoh organisasi yang menaungi kegiatan pasar bebas di suatu wilayah yaitu Uni Eropa dan MEA. Kebijakan perdagangan bebas biasanya mempromosikan beberapa hal berikut.

Advertisement
  1. Perdagangan barang tanpa pajak termasuk tarif atau hambatan perdagangan lainnya.
  2. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.
  3. Akses ke pasar yang tidak diatur.
  4. Akses informasi pasar yang tidak diatur.
  5. Perdagangan jasa tanpa pajak atau hambatan perdagangan lainnya.

Baca juga Peta Pergerakan Tentara Jepang Ketika Masuk ke Indonesia

Sarana pasar bebas yang di kembangkan Indonesia salah satunya pelabuhan (ilustrasi foto/Logistik News)
Referensi : MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button