Advertisement
Advertisement
Advertisement
PJJ IPS KELAS 9

Menganalisis pengaruh Globalisasi dalam kehidupan kebangsaan

Advertisement

Menganalisis pengaruh Globalisasi dalam kehidupan kebangsaan, Modernisasi dan globalisasi yang masuk ke Indonesia mempengaruhi berbagai bidang dalam kehidupan bangsa Indonesia. Globalisasi membuat kehidupan dalam bidang politik dan pemerintahan dijalankan secara terbuka dan demokratis.

Globalisasi dalam bidang ekonomi menyebabkan terbukanya pasar internasional, meningkatkan kesempatan kerja di luar negeri dan meningkatkan devisa negara.

Meskipun globalisasi memberikan banyak manfaat secara ekonomi, perlu diwaspadai juga hilangnya rasa cinta terhadap produk-produk dalam negeri karena banyaknya produk luar negeri yang menjamur di Indonesia.

Advertisement

Globalisasi dalam bidang sosial budaya,

Adalah baik apabila masyarakat Indonesia dapat memilih dan meniru pola berpikir dan bertindak yang baik dari luar negeri seperti etos kerja yang tinggi, disiplin dan menguasai Iptek.

Namun demikian dalam bidang sosial budaya, perlu diwaspadi juga tentang munculnya sikap individualisme yang menimbulkan ketidakpedulian antar sesama warga Indonesia.

Adanya individualisme dapat membuat penduduk Indonesia orang tidak akan peduli dengan sesama atau bahkan terhadap kehidupan bangsa Indonesia.

Globalisasi dalam dunia Pendidikan

Gambar. Pancasila sebagai filter dalam menyikapi dampak positif dan negatif globalisasi (ilustrasi foto/Wikipedia Indonesia)

Adalah baik karena mampu menyediakan informasi teraktual tentang ilmu pengetahuan dari berbagai belahan bumi melalui perantara internet.

Melalui globalisasi di bidang pendidikan, negara Indonesia akan dapat menjadi maju dan mampu bersaing dengan negara lain karena memiliki ilmu pengetahuan yang setara atau hampir sama.

Selain menimbulkan dampak positif, globalisasi juga memberikan dampak negatif terhadap bangsa Indonesia. Globalisasi membahayakan Identitas Nasional Bangsa Indonesia yang berbasis Pancasila dan budaya ketimuran.

Advertisement

Terkait dengan globalisasi, penting bagi bangsa Indonesia untuk tetap mempertahankan Identitas Bangsa agar kita memliki ciri khas dan kebanggaan dibandingkan dengan negara atau bangsa lain. Amatilah gambar di bawah ini!

Baca juga Globalisasi Masyarakat Suatu Wilayah Lokal dengan Masyarakat Dunia

Aktivitas Siswa

Menganalisis pengaruh Globalisasi, jawab beberapa pertanyaan dibawah ini !

Advertisement
  1. Mengapa sikap terbuka (open ended) merupakan langkah awal dalam menerima arus positif masuknya globalisasi?
  2. Mengapa kita harus bersikap postif dan selektif, dalam menerima arus globalisasi yang masuk? Jelaskan alasan ananda!
  3. Apa yang harus dilakukan suatu masyarakat atau bangsa agar mampu mengikuti kemajuan zaman tanpa harus kehilangan identitas budaya mereka?
  4. Apakah pembangunan yang dilaksanakan setiap negara termasuk dalam proses modernisasi? Jelaskan alasan ananda!
  5. Pancasila merupakan ideologi bangsa yang diharapkan mampu menjadi tameng yang kuat dalam menyikapi arus globalisasi. Bagaimana menurut pendapat Ananda?
Referensi :
MODUL PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI COVID-19 UNTUK JENJANG SMP/MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII Semester Gasal. Direktorat Sekolah Menengah Pertama Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button