ArtikelBerita

Melibatkan orang tua dan lingkungan satuan pendidikan

Melibatkan orang tua dan lingkungan satuan pendidikan. Orang tua dan lingkungan satuan pendidikan seringkali merasa perubahan atau inovasi baru dalam pendidikan tidak akan berdampak signifikan atau merasa jika perubahan tersebut akan menjadi beban baru untuk anak mereka.

Oleh karenanya, penting bagi satuan pendidikan dan pendidik untuk memberikan penjelasan dan pemahaman tentang manfaat dari projek penguatan profil pelajar Pancasila

Orang tua khususnya, akan merasa perubahan dalam pendidikan itu penting, apabila perubahan tersebut akan memberikan dampak positif dan manfaat untuk anak mereka. 

Sedangkan lingkungan satuan pendidikan, yaitu masyarakat yang tinggal di sekitar satuan pendidikan, petugas kantin, tenaga kebersihan lingkungan, pejabat pemerintahan setempat, serta elemen masyarakat lain yang berada di sekitar satuan pendidikan, akan menjadi sumber belajar yang bermakna bagi peserta didik-peserta didik dengan terlibat dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila.

Baca juga Beberapa Cara Belajar Menyenangkan dan Tidak Membosankan, Penting

Apa yang perlu dilakukan satuan pendidikan dan pendidik?

  • Mulailah dengan menginformasikan keterampilan dan kompetensi Abad 21 apa yang dibutuhkan anak di jenjang pendidikan lanjutan dan di situasi bekerja nantinya. Ajak orang tua untuk berbagi harapan mereka terhadap anak-anak mereka, lalu diskusikan keterampilan dan kompetensi apa yang anakanak perlu miliki untuk mencapai harapan tersebut. 
  • Minta orang tua untuk berbagi profesi atau pekerjaan mereka, dan keterampilan apa yang harus mereka miliki untuk menjalankan pekerjaan mereka tersebut. Ajak mereka berefleksi, apabila mereka dipersiapkan kompetensi tersebut dari sedini mungkin, apa yang berbeda dengan keadaan sekarang. 
  • Diskusikan bersama manfaat dari projek penguatan profil pelajar Pancasila ini untuk anak-anak dan bagaimana orang tua serta lingkungan satuan pendidikan dapat bekerja sama berkolaborasi untuk membantu anakanak mengembangkan keterampilan dan kompetensi yang dituju.
  • Tekankan bahwa sumber belajar dari luar satuan pendidikan, seperti dari orang tua atau lingkungan satuan pendidikan, akan lebih membantu anak-anak meningkatkan keterampilan dan kompetensi daripada hanya belajar dari satuan pendidikan.

Bagaimana orang tua dan lingkungan satuan pendidikan dapat terlibat dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila?

Orang tua terlibat dalam Projek penguatan profil pelajar Pancasila

Dalam projek penguatan profil pelajar Pancasila, peserta didik akan diajak untuk melihat atau mencari isu atau masalah yang terjadi di sekitar mereka, atau yang berhubungan dekat dengan mereka, lalu menginvestigasi atau mencari tahu sebab-akibat dari isu tersebut, dan berpikir kritis untuk mencari solusi atau penyelesaian yang paling mungkin untuk mereka lakukan. 

Melibatkan orang tua dan lingkungan satuan pendidikan. Orang tua dan lingkungan satuan pendidikan dapat membantu dalam menemukan atau mengidentifikasi isu atau masalah yang ada, memberikan informasi sebagai narasumber atau menyediakan bukti-bukti dari isu tersebut, Tanpa disadari, orang tua dan lingkungan satuan pendidikan dapat menjadi sumber belajar yang sangat kaya dan bermakna untuk peserta didik-peserta didik. 

Baca juga Membentuk Tim Fasilitator Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Semangat dan antusiasme satuan pendidikan dan Pendidik terhadap pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila ini akan memberikan dorongan dan semangat bagi orang tua dan lingkungan satuan pendidikan untuk membantu kesuksesan pembelajaran peserta didik-peserta didik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker