Advertisement
Advertisement
Berita

SMP Islami Ghama AL-Fatih memperingati hari Pahlawan

Advertisement

SMP Islami Ghama AL-Fatih memperingati hari Pahlawan. Untuk menghayati dan memaknai jiwa para pejuang pahlawan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 10 November. SMP Islam Ghama Al Fatih membuat drama kolosal di sekolah.

Drama kolosal dengan narasi perjuangan para pahlawan diperagakan oleh pelajar SMP Islam Ghama Al Fatih perkelas. Selama memperagakan drama kolosal disaksikan oleh teman-teman dan Staf pengajar tidak ketinggal Kepala Sekolah ikut menyaksikan. Peragaan drama kolosal ini disaksikan juga oleh dewan juri yang memberikan penilaian jalannya pentas drama kolosal.

Kostum yang digunakan saat pementasan drama kolosal ini, menggunakan kostum-kostum ala pejuang tahun 45. Penilaian lomba drama kolosal menggunakan beberapa indikator, diantaranya jalanya alur cerita, kostum yang dipergunakan dan penghayatan jalannya cerita.

Advertisement

Gambaran jalannya cerita drama kolosal, 10 November 1945 yang diperingati sebagai hari Pahlawan Indonesia. Menjadi bagian pembelajaran sejarah bangsa Indonesia yang dipelajari dalam IPS. Sebelum pentas drama kolosal memperingati hari pahlawan 10 November.

Persiapan drama kolosal

Pelajar SMP Islam Ghama Al Fatih, mempersiapkan dahulu bagaimana alur ceritanya dan siapa saja tokoh pahlawan yang terlibat dalam drama kolosal tersebut. Secara tidak langsung mereka akan mencari tahu siapa pahlawan yang terlibat dalam pertempuran 10 November 1945. dan bagaimana jalannya pertempuran tersebut sampai akhirnya diperingati sebagai hari pahlawan 10 November setiap tahunnya.

Tahap berikutnya yang mereka persiapkan kostum para pejuang dan properti yang dibutuhkan untuk memperagakan perjuangan para pahlawan 10 November 1945. Tahap ini perlu waktu untuk mencari kostum pada pejuang.

Baca juga Puspitek mengundang SMA Islam Ghama Ar rasyid & SMP Islam Ghama Al Fatih

Untuk tampil maksimal memperagakan perjuangan pahlawan, pelajar menggunakan kostum buatan sendiri dari bahan daur ulang yang mampu menyerupai pakaian para pejuang 10 November. Ada yang dari bahan karton atau kardus bekas ada juga kain yang dimodifikasi menjadi seragam serdadu Belanda dan Seragam Tentara Indonesia. Kain sarung dan topi caping tidak ketinggalan ikut pentas drama kolosal.

Sebelum dipentaskan mereka mengadakan parade di lapangan upacara, memperlihatkan pakaian kostum yang akan dipergunakan tampil dalam drama kolosal hari pahlawan 10 November 2022. Kostum yang dipergunakan menarik perhatian dan bahkan terkesan lucu juga, ada pelajar perempuan yang memperagakan pahlawan dengan atribut pejuang laki-laki lengkap dengan kumis tipisnya.

Advertisement
SMP Islami Ghama AL-Fatih memperingati hari Pahlawan (foto/istimewa)

SMP Islami Ghama AL-Fatih memperingati hari Pahlawan

10 November 2022 pagi hari Kamis sekitar jam 7. SMP Islam Ghama Al Fatih memperingati hari Pahlawan. Dimulai dengan upacara menaikkan bendera merah putih yang dipimpin oleh pembina upacara Kepala Sekolah SMP Islam Ghama Al Fatih Abdul Alim, S.Pd. Dilaksanakan di halaman sekolah.

Setelah selesai melaksanakan upacara penaikan bendera merah putih dalam rangka memperingati 10 November 1945 sebagai hari Pahlawan Indonesia. Dilanjutkan dengan pentas drama kolosal yang diperankan oleh seluruh pelajar SMP Islam Ghama Al Fatih. Yang dibagi ke dalam beberapa kelompok kelas. 

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button