ArtikelBerita

Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra dalam Kegiatan Projek Profil

Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra dalam Kegiatan projek profil memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk “mengalami pengetahuan” sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Lingkungan yang dimaksud bukan hanya benda-benda mati di sekitar satuan pendidikan, tetapi juga manusia-manusianya. Melibatkan masyarakat di luar satuan pendidikan akan sangat memberi makna yang berarti bagi peserta didik-peserta didik.

Peserta didik-peserta didik akan cenderung menghasilkan hasil belajar yang lebih berkualitas saat mengetahui bahwa ada orang lain, selain pendidiknya, yang akan melihat atau merasakan hasil belajar mereka.

Siapa sajakah orang lain atau masyarakat di luar satuan pendidikan yang dapat dijadikan narasumber belajar untuk peserta didik-peserta didik?

Narasumber dari Luar Satuan Pendidikan

Narasumber atau orang yang ahli/memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu, dapat datang dari berbagai tempat – satuan pendidikan sendiri, satu RW, satu desa, kabupaten, kota, provinsi, negara, dan dunia.

Baca juga Beberapa Langkah Penting Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula!

Narasumber tersebut bisa saja pemilik warung atau usaha lokal, petani, pengrajin, tukang kebun, pendidik dari satuan pendidikan lain, dosen universitas terdekat, pimpinan organisasi nirlaba, teman dan keluarga pendidik, keluarga peserta didik, dan lain sebagainya. 

Contohnya, pemetik teh dapat memberikan pengetahuan tentang perbedaan daun teh yang dikategorikan teh hijau dan teh hitam, petani padi dapat menjadi narasumber proses irigasi, dan lain sebagainya. 

Jangan ragu untuk bertanya-tanya, dekati dan ajak terlibat dalam pembelajaran projek profil peserta didik.  

Peserta didik akan terdorong untuk bertanya dan mencari tahu lebih dari yang kita harapkan, dengan mengetahui narasumber tersebut memiliki pengetahuan dan keterampilan yang tidak dimiliki oleh pendidiknya.

Baca juga Mengidentifikasi Tahapan Kesiapan Sekolah dalam Menjalankan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra, Para narasumber dari masyarakat dapat memberikan masukan, kritik dan umpan balik bagi peserta didik, pendidik dan satuan pendidikan dalam pelaksanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila kedepannya.

Semangat dan antusiasme satuan pendidikan dan pendidik akan memberikan dorongan tersendiri bagi masyarakat untuk mendukung pembelajaran peserta didik-peserta didik.

Gambar. Mengoptimalkan Keterlibatan Mitra dalam satuan pendidikan (foto/siedoo)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker