Berita

Blog buguruku.com kena dampak kebakaran Gedung cyber

Blog buguruku.com kena dampak kebakaran Gedung cyber, Mampang, Jakarta Selatan mulai dari tanggal 2 Desember sekitar jam 13 Siang. Terhitung mulai tanggal tersebut Blog buguruku.com tidak dapat diakses. 

Selama ini Blog buguruku.com bekerjasama dengan Rumahweb sebagai penyedia layanan hosting dan domain. Selama bekerjasama dengan Rumahweb mendapat pelayanan yang sangat memuaskan hingga sampai saat ini terkena musibah kebaran di Gedung cyber.

Selama proses migrasi akibat kebakaran Blog buguruku.com terus memantau perkembangan dari situari ini setiap hari, bahkan kami pantai setiap saat untuk mengetahui perkembangan terbaru sudah sampai mana proses penanganannya.

Rumahweb (RW) sangat koorporatif dalam memberikan informasi perkembangan penanganan pasca kebakaran gedung cyber,  walaupun tidak dapat dihubungi secara langsung. Rumahweb menggunakan media sosial untuk memberikan informasi tahap demi tahap yang mereka lakukan. Begitu juga di website rumahweb.com terdapat info penanganan yang dilakukan.

Baca juga 4 Fakta Kebakaran Gedung Cyber Jakarta, Korban hingga Penyebabnya

Gambar 1. Informasi penanganan layanan yang dilakukan oleh rumaweb (gambar/buguruku)

Blog buguruku.com mengucapkan mohon maaf atas ketidaknyamanan selama penanganan proses migrasi data akibat force majeure yang berada di luar kuasa kami berupa kebakaran.

Untuk itu kami kutip juga informasi dari rumahweb untuk diketahui bersama selama proses penanganan pasca kebakaran di Gedung cyber, Mampang, Jakarta Selatan.

Keterangan resmi rumahweb

Pelanggan yang Terhormat,

Pada hari ini, tanggal 2 Desember 2021, terjadi kejadian force majeure yang berada di luar kuasa kami berupa kebakaran yang terjadi di salah satu data center yang kami gunakan yakni CyberDC (CDC) yang berlokasi di di lantai 2 Gedung Cyber 1. Efek dari kejadian ini kami rasakan pertama kali pada pukul 12:30.

Data center ini menjadi core networking kami dan colocation/tempat kami meletakkan beberapa server.

Di Indonesia, Rumahweb sebenarnya menggunakan beberapa data center lain yang digunakan untuk melayani pelanggan. Namun, karena data center yang menjadi lokasi core networking mengalami gangguan, akses ke server yang berada di data center lain pun ikut mengalami masalah.

Sebagai langkah penanganan, kami akan melakukan beberapa hal berikut:

  • Memindahkan core networking ke data center existing yang lain sehingga sebagian pelanggan yang layanannya berada di datacenter tersebut bisa mulai digunakan kembali. Estimasi pekerjaan ini akan selesai pada hari Jumat 3 Desember 2021;
  • Melakukan restore system portal pelanggan sehingga pelanggan dapat kembali mengelola layanannya. Estimasi pekerjaan ini akan selesai pada hari Jumat 3 Desember 2021;
  • Pada data center Yogyakarta, kami akan berkoordinasi dengan upstream untuk dapat menggunakan network dan IP address mereka untuk sementara waktu sehingga layanan dapat segera digunakan kembali. Estimasi pekerjaan ini akan selesai pada hari Jumat 3 Desember 2021;
  • Secara bertahap melakukan restore akun -yang sebelumnya berada pada server di data center yang mengalami gangguan- ke data center yang baru. Langkah ini baru dapat dilakukan setelah core networking dipindahkan. Belum ada estimasi khusus karena kami akan memproses berdasarkan prioritas dan antrian yang masuk. Pekerjaan ini akan dimulai pada hari Jumat 3 Desember 2021;

Sebagai informasi, backup data mingguan untuk layanan hosting berada di datacenter selain CDC sehingga proses recovery akun yang berada di CDC akan menggunakan backup tersebut.

Update dari langkah penanganan dan recovery akan kami sampaikan melalui kanal media sosial Rumahweb secara berkala.

Blog buguruku.com kena dampak kebakaran Gedung cyber, ikut belasungkawa atas kejadian ini semoga hal ini kedepannya tidak terjadi lagi. Tidak lupa kami ucapkan terima kasih sudah bekerja keras memulikankan Kembali layanan ke hosting dan domain kepada seluruh pelanggannya. 

Baca juga Smart Parenting GDS Online dengan tema “Hidup Bergerak Berjuang”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button