Artikel

Beberapa Cara Belajar Menyenangkan dan Tidak Membosankan, Penting

Cara belajar menyenangkan dan tidak membosankan menjadi hal yang dibutuhkan siswa dan harus dilakukan oleh guru. Setiap guru pastinya menginginkan pelajaran di kelas itu yang bisa dipahami oleh siswa. Cukup satu ataupun dua kali menerangkan siswa merasa puas dan bisa mengingatnya. Akan tetapi, sayang sekali terkadang harapan tersebut tidak sesuai dengan kenyataan yang terjadi di kelas. Kerapkali siswa merasa bosan dengan pelajaran yang guru sampaikan.

Ketika seseorang merasa tidak suka dengan cara guru menyampaikan pelajaran sudah pasti mereka mempunyai keinginan untuk segera ganti jam belajar bahkan istirahat. Ketika sudah sampai pada waktunya tentunya guru tidak akan memaksa. Tetapi jika belum datang waktunya hal tersebut menjadi kegagalan bagi seorang guru mengelola kelas. Guru juga merupakan sosok yang istimewa.

Perilaku seorang guru serta ucapannya juga menjadi panutan bagi orang lain terlebih anak didiknya ketika berada di lingkungan sekolah. Guru juga dipandang mempunyai kemampuan di atas rata-rata. Bukan hanya di lingkungan sekolah secara tapi di lingkungan umum maupun masyarakat pun mereka juga menjadi rujukan atau panutan. Maka dengan demikian itu tidak heran apabila saat di kelas guru harus mencerminkan kompetensi serta julukan yang disandangkan kepadanya.

Cara Belajar Menyenangkan dan Tidak Membosankan, Simaklah

Seorang guru juga membuat suasana di kelas menjadi nyaman, menyenangkan dan menumbuhkan motivasi. Ia juga dituntut untuk terus belajar meskipun sudah menjadi pendidik. Menjadi seorang guru bukan suatu hal yang mudah. Selain kompetensi yang harus terus diasah ia juga harus bisa menghadapi berbagai karakter siswa. Terlebih lagi pemahaman siswa itu juga beragam ada yang tepat paham hanya dengan sekali diterangkan.

Tapi berapa pula ada yang berulang kali kemudian berpisah memahami. Tidak sedikit membutuhkan bimbingan khusus. Apalagi jika mendapati siswa zaman sekarang. Maksudnya adalah mereka sudah terpengaruhi dengan kemajuan teknologi. Untuk itu mengetahui cara belajar yang menyenangkan dan tidak membosankan adalah hal penting. Simak penjelasan lengkapnya seperti berikut ini supaya Anda bisa mengamalkannya.

Harus Bervariasi

Perlu Anda ketahui bahwa bahwa salah satu penyebab siswa merasa bosan ketika proses pembelajaran berlangsung adalah cara mengajar guru yang hanya itu-itu saja. Terlebih lagi masih mengandalkan metode lama, yakni dengan ceramah. Maka dengan demikian itu bukan tidak mungkin apabila siswa akan merasa sangat bosan.

Guna mengatasi permasalahan tersebut untuk sekali menggunakan metode pembelajaran yang lebih bervariasi. Contohnya adalah media role model. Guru juga bisa mendatangkan teman ataupun siswa dari kelas lain untuk memberikan contoh. Nantinya ia bisa mempraktekkan hal tersebut di hadapan teman-temannya.

Libatkan Siswa

Kemudian cara belajar menyenangkan dan tidak membosankan yang bisa diamalkan adalah libatkanlah siswa. Sebenarnya hal ini menjadi hal yang mudah bagi seorang guru. Libatkan siswa secara penuh ketika proses pembelajaran berlangsung. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan diskusi. Seorang guru bisa memberikan berbagai tema kemudian siswa berikan perintah untuk menentukan peserta mempresentasikannya di depan kelas.

Biarkan juga siswa saling berinteraksi untuk menyampaikan gagasannya. Sebagai seorang guru Tugas Anda hanya mendampingi dan fasilitator. Namun, Anda juga harus meluruskan materi yang kurang tepat. Menggunakan cara ini juga membuat anak bisa menemukan serta mencari sendiri hal-hal yang mereka anggap dan membosankan. Namun sebenarnya hal yang demikian itu membuat mereka lebih mudah untuk mengingat.

Baca juga Tips Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat, Hanya Menerapkan Metode Ini!

Praktik

Bukan hanya itu saja tetapi sering-seringlah mengajak siswa praktek. Usahakan setiap materi terdapat praktek langsung yang dialami murid. Contohnya adalah materi mengenai menulis berita. Masalah siswa untuk menulis berita dengan menggunakan berbagai teknik maupun metode. Tidak sampai di situ saja tetapi usahakan selepas menulis berita tersebut mereka langsung praktek.

Metode ini juga menjadi sangat efektif bagi siswa supaya mereka tetap aktif dan bisa mengaplikasikan secara langsung materi yang sudah disampaikan oleh guru. Mengajak siswa untuk berimajinasi juga hal yang perlu untuk dilakukan. Hasilnya membuat siswa lebih nyaman serta dapat meningkatkan pemahaman terhadap materi yang disampaikan.

Baca juga Cara Menghafal Rumus Matematika Mudah Sekali Hanya dengan Metode Ini!

Gunakan Media Pembelajaran

Tidak boleh ketinggalan adalah hendaknya ketika guru memberikan penjelasan itu menggunakan media pembelajaran yang mendukung. Adanya penggunaan media pembelajaran tersebut juga berfungsi untuk menciptakan suasana belajar yang lebih efektif dan menyenangkan. Guru harus menyiapkan berbagai media. Pastinya sesuai dengan materi yang ingin disampaikan.

Siswanya tanya juga mempunyai naluri untuk dihargai atas apa yang sudah mereka capai. Hal tersebut juga menjadi salah satu cara belajar menyenangkan dan tidak membosankan yang bisa guru lakukan. Tetapi penghargaan tidak hanya dilakukan seorang guru orangtua juga harus mengetahui akan hal ini guna meningkatkan semangat belajar mereka ketika di sekolah juga di rumah.

Gambar. Komunikasi yang baik membantu guru dan murid dalam kegiatan belajar (foto/istimewa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker