Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Materi keputusan pendanaan perusahaan

Advertisement

Materi keputusan pendanaan perusahaan. Dalam menjalankan operasionalnya setiap perusahan berskala besar maupun kecil pasti memerlukan dana dengan berbagai alasan, antara lain: 

1. Pembiayaan operasional Harian

Pembiayaan operasional sehari-hari misalnya membayar gaji pegawai, membayar sewa, membayar bunga, pajak dan kewajiban lain yang telah jatuh tempo.

2. Pembiayaan penjualan kredit.

Banyak perusahaan menggunakan penjualan kredit sebagai strategi untuk menghadapi tingkat persaingan yang semakin ketat dengan perusahaan lainnya.

Advertisement

Pada sistem penjualan kredit, pengeluaran uang (cash outflow) akan mendahului penerimaan uang (cash inflow) dan semakin lama periode pembayaran maka gap antara cash outflow dengan cash inflow semakin besar.

Selama menunggu masa pembayaran penjualan kredit tentunya perusahaan harus tetap beroperasi. Oleh karena itulah maka diperlukan sumber dana lain, bukan cash inflow dari penjualan produk. Semakin besar penjualan kredit maka dana yang disediakan juga semakin besar.

Materi keputusan pendanaan perusahaan (foto/istimewa)
Materi keputusan pendanaan perusahaan (foto/istimewa)

3. Pembiayaan persediaan.

Ketersediaan produk pada saat yang dibutuhkan merupakan salah satu cara perusahaan dalam memenuhi kepuasan pelanggan. Konsekuensi dari hal ini adalah perusahaan harus memiliki dana yang memadai untuk membeli atau memproduksi dan memelihara persediaan.

Semakin besar persediaan maka semakin besar pula dana yang diperlukan, sehingga perusahaan perlu mengetahui tingkat persediaan yang optimal. Salah satu caranya adalah melalui penerapan konsep Just In Time (JIT). 

Baca juga Konsep Dasar Manajemen Keuangan

4. Pembelian aset pendukung

Pembelian aset pendukung operasional yang penting bagi kelangsungan hidup perusahaan, misalnya gedung, tanah, peralatan. Pembelian ini biasanya bersifat jangka panjang dan memerlukan dana relatif besar sehingga harus diperhitungkan dengan cermat oleh perusahaan.

Advertisement

Guna memenuhi kebutuhan dananya, perusahaan dapat mempunyai berbagai alternatif sumber dana dan metode. Berdasarkan metodenya perusahaan dapat memperoleh dana dengan penyetoran dari dalam perusahaan/ pihak internal maupun meminjam dari pihak lain/ pihak eksternal.

Sedangkan berdasar sumbernya maka sumber pendanaan perusahaan dapat diklasifikasikan menjadi sumber dana jangka pendek, biasanya berjangka waktu kurang dari satu tahun dan jangka panjang yang berjangka waktu lebih dari satu tahun.

Sumber dana jangka pendek di antaranya adalah kredit dagang, pinjaman bank, commercial paper, anjak piutang, sedangkan sumber dana jangka panjang meliputi laba ditahan, saham baru, dan penerbitan obligasi.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button