Advertisement
Advertisement
PPKn Kelas 9

Makna Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila

Advertisement

BUGURUKU.COM – Makna Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila, Perilaku merupakan perbuatan/tindakan dan perkataan seseorang yang sifatnya dapat diamati, digambarkan dan dicatat oleh orang lain ataupun orang yang melakukannya. Dengan kata lain, perilaku merupakan perwujudan dari sikap manusia.

Secara umum perilaku manusia itu terbagi menjadi dua, yaitu perilaku yang baik dan perilaku yang buruk. Perilaku yang baik disebut juga perilaku mulia, yaitu perilaku yang mengindahkan berbagai aturan yang berlaku atau sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Sedangkan perilaku yang buruk merupakan perilaku yang tidak sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Perilaku buruk ini merupakan penyimpangan dari ketentuan yang berlaku dan dapat mengakibatkan hal-hal yang tidak baik.

Makna Berperilaku Sesuai dengan Nilai Pancasila, sebagai warga negara Indonesia sudah menjadi keharusan untuk berperilaku yang baik sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Hal ini berarti nilai-nilai Pancasila yang telah diyakini kebenarannya harus diamalkan atau diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari baik dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Advertisement

Oleh karena itu, masyarakat Indonesia membuat kesepakatan yang luhur untuk mendirikan Negara Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan merealisasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek penyelenggaraan negara dan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Dengan demikian, bagi warga negara. Indonesia mengamalkan Pancasila merupakan suatu keharusan.

Baca juga Berbudi Pekerti Luhur Sesuai Dengan Pancasila

Tugas Mandiri

Identifikasi perilaku masyarakat Indonesia yang merukapan cerminan perwujudan nilai-nilai Pancasila Tulis identifikasi kalian pada buku tugas

Perilaku masyarakat Indonesia yang merupakan perwujudan nilai-nilai Pancasila,

  1. Sila Ketuhanan yang maha esa …?
  2. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab …?
  3. Sila Persatuan Indonesia …?
  4. Sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmah Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan … ?
  5. Sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia …?

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button