Advertisement
Advertisement
Advertisement
PPKn Kelas 8

Macam Hak Asasi Manusia

Advertisement

Macam Hak Asasi Manusia, Dalam pelaksanaannya hak asasi manusia memiliki banyak bentuk, beberapa pandangan yang menyebutkan tentang macam-macam hak asasi manusia adalah sebagai berikut :

  1. Thomas Hobbes, menurut Thomas Hobbes bahwa satu-satunya hak asasi adalah hak hidup.
  2. Jhon Locke, menurut Jhon Locke hak asasi meliputi hak hidup, kemerdekaan dan hak milik.
  3. Secara umum hak asasi diklasifikasikan yaitu :
  • Hak asasi pribadi (personal rights)
  • Hak asasi politik (political rights)
  • Hak asasi ekonomi (property rights)
  • Hak sosial dan kebudayaan (social and culture rights)
  • Hak mendapatkan pengayoman dan perlakuan yang sama dalam hukum dan pemerintahan (rights of legal equality)
  • Hak asasi untuk mendapatkan perlakuan dalam tata cara peradilan dan perlindungan (procedural rights)

Penghormatan dan penegakan HAM mutlak untuk dilakukan. Pemahaman yang benar tentang arti dan makna hak asasi manusia merupakan awal dari proses penegakan HAM. Apabila semua orang menghargai dan menegakan HAM maka akan terjadi keserasian dan keseimbangan hidup berbangsa dan bernegara.

Kalian telah mempelajari makna hak asasi manusia, semoga kalian sudah memahami apa yang dimaksud dengan pengertian hak asasi manusia, sejarah perkembangan hak asasi manusia, dan macam hak asasi manusia. Selanjutnya kalian akan mengomunikasikan apa yang telah kalian pahami kepada teman kalian. Kegiatan ini untuk melatih keterampilan dalam menyajikan hasil telaah kalian tentang makna hak asasi manusia.

Advertisement
  1. Langkah pertama yang perlu kalian lakukan adalah menyiapkan bahan tayang atau displai untuk media komunikasi. Apabila kalian memiliki kemampuan komputer dan sarana tersedia di sekolah, buatlah bahan tayangan dengan memanfaatkan sarana tersebut. Media bahan tayangan dapat juga menggunakan alat dan bahan yang tersedia di lingkungan kalian, seperti kertas karton, kertas HVS, kertas bekas, daun kering, dan yang lain.
  2. Langkah selanjutnya presentasikan hasil telaah kalian di depan kelas secara kelompok, atau dalam seminar di kelas. Penyajian dapat juga melalui pameran di kelas. Tempelkan hasil bahan tayangan (displai) kalian di dinding kelas atau media lain. Tugaskan 1 atau 2 orang anggota kelompok kalian untuk menjadi penjaga stand yang bertugas menjelaskan apabila ada pengunjung yang bertanya. Anggota kelompok yang lain bertugas sebagai pengunjung. Mereka mengunjungi bahan tayang kelompok lain untuk menambah informasi sekaligus memberikan penilaian bahan tayang kelompok tersebut. Tuliskan apa yang kalian peroleh setelah mengunjungi stand tersebut! bagaimana kreatifitas bahan tayang kelompok tersebut ? kalian dapat memberikan penilaian aspek yang lain. Sampaikan pendapat kalian dengan menggunkan bahasa yang sopan. Pendapat kalian bermanfaat untuk masukan kelompok lain agar lebih baik lagi.

Baca juga Kita Semua Sederajat dan Bersaudara

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button