Advertisement
Advertisement
BeritaTravel & Kuliner

Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, kampanyekan kebanggaan menggunakan kebaya

Advertisement

Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, kampanyekan kebanggaan menggunakan kebaya. KPBI terus mengkampanyekan menggunakan kebaya untuk perempuan di seluruh Indonesia. Termasuk turun ke jalan saat CFD di sekitar bundaran HI.

Saat CFD 07/08/2022 Banyak yang menggunakan Kebaya dan bawahannya menggunakan kain batik, kelihatan anggun dan menarik sebagai wanita-wanita Indonesia walaupun berada di jalanan bukan di gedung-gedung saat acara pernikahan.

Kebanggaan Menggunakan Kebaya Indonesia terus disuarakan oleh wanita Indonesia tidak hanya ibu-ibu saja yang menggunakan kebaya Indonesia, banyak juga wanita remaja yang menggunakan Kebaya yang kelihatan lebih modis dengan model yang lebih variatif dan menarik.

Advertisement

Baca juga Car free day (CFD) di Bundaran HI Jakarta Aman?

Kebaya Indonesia Sebagai Nilai Sejarah

Kalau dilihat dari sisi sejarah Kebaya Indonesia ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Bahkan none-none Belanda saking tertariknya dengan Kebaya Indonesia. Mau Menggunakan kebaya sebagai alat untuk membaur dan bersosialisasi dengan warga pribumi.

Penggunaan Kebaya Indonesia pada zaman dahulu tidak terbatas dengan hari-hari tertentu dan acara-acara tertentu seperti sekarang ini. Wanita-wanita zaman dahulu menggunakan kebaya Indonesia setiap hari dan menjadi pakaian harian yang dipergunakan.

Wanita-wanita Indonesia patut berbangga dengan Kebaya Indonesia sebagai warisan busana kebanggaan pada Jamannya. Upaya melestarikan kebaya Indonesia terus diupayakan tidak hanya pada saat kondangan dan acara-acara khusus, diupayakan untuk menjadi pakaian yang bisa dipergunakan untuk harian.

Baca juga Perubahan KRL Commuter Bogor-Jakarta dari Masa ke Masa

Melestarikan Kebaya Indonesia

Komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia, beberapa instansi pemerintahan dan lembaga pemerintah sudah banyak yang menginstruksikan wanita-wanita Indonesia boleh menggunakan Kebaya Indonesia bahkan pada hari tertentu kebaya Indonesia dipergunakan sebagai seragam dinas untuk wanita-wanita indonesia sedangkan untuk Laki-lakinya mengenakan pakaian adat daerah.

Advertisement

Kebaya Indonesia juga sedang diajukan ke UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia. Hal ini dilakukan untuk melestarikan nilai-nilai sejarah yang terkandung dalam budaya Kebaya Indonesia. Wanita-wanita Indonesia yang sudah sejak lama menggunakan Kebaya mulai dari jaman penjajahan Belanda sampai sekarang patut melestarikan penggunaan pakaian kebanggan Bangsa Indonesia. (P’e / buguruku)

Gambar. Wanita-wanita Indonesia sedang mengkampanyekan kebanggaan menggunakan Kebaya Indonesia (foto/istimewa)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button