Advertisement
Advertisement
BeritaKhutbah Jum'at

Khutbah Shalat Jumat masjid Jami Ukhuwah Islamiyah UI

Advertisement

Pelaksanaan Shalat Jumat kali ini di masjid Jami Ukhuwah Islamiyah UI dengan tema khutbah Sholat Jumat “Santapan Makanan Halal”. Lokasi masjid ada di dalam kampus UI. Jalan Lingkar Kampus Raya, Pondok Cina, Beji, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Kota Depok.

Masjid ini kelihatan cukup bersih dan tertata baik, ruang masjid terbagi dua lantai bagian bawah biasanya dipergunakan untuk ikhwan dan lantai atas dipergunakan untuk akhwat. Jamaah yang hadir biasanya selain mengerjakan sholat baik wajib maupun sunah. Masjid yang berada di dalam area kampus UI dilengkapi juga dengan ruang baca khususnya buku-buku berkenaan dengan ajaran Islami.

Area Masjid dekat dengan danau Kenanga UI dan Perpustakaan. Area parkir ada di  depan dan  belakang masjid lumayan cukup luas. Masjid mudah dijangkau oleh mahasiswa maupun masyarakat umum. Pada hari-hari tertentu biasanya ada kajian islami di masjid ini baik yang bersifat khusus untuk lingkungan kampus atau kajian umum yang bisa diikuti juga oleh masyarakat sekitar.

Advertisement

Jamaah Sholat Jumat tidak hanya dihadiri dari civitas kampus UI Depok saja tetapi dihadiri juga oleh warga sekitar yang berdekatan dengan Masjid Jami Ukhuwah Islamiyah. Jamaah yang hadir memadati masjid sampai keluar, saking penuhnya pengurus masjid menyedikan tikar untuk  alas sholat Jumat.

Khutbah Shalat Jumat

Dengan tema santapan yang halal yang disampaikan oleh khatib yang merangkap tugas sebagai imam shalat jumat. diawali dengan sholawat nabi dan pembacaan ayat pembuka khutbah jumat.

Baca juga Mencetak Pemuda Indonesia Berahlak Mulia, Cerdas dan Bertakwa

Sebagian kutipan dari khutbah shalat jumat yang disampaikan khatib, menyampaikan segala sesuatu mulai dengan membaca doa, begitu juga sebelum makan disunahkan untuk diawali dengan membaca doa. Makanan dan minuman yang disantap setiap hari, sebaiknya sebelum masuk ke dalam tubuh kita. Harus tahu dulu komposisinya agar terhindar dari bahan-bahan yang tidak halal.

Tidak hanya dari komposisinya saja, lebih jauhnya lagi khatib menyampaikan cara mendapatkan makanan dan minuman yang dikonsumsi kita pun harus halal. Khatib menegaskan kita bisa mendapatkan apa yang kita konsumsi dengan berbagai macam cara. Cara ini juga harus dengan cara yang halal. Apa yang kita konsumsi akan menjadi berkah dan berpahala buat kita semua.

Itulah khutbah shalat jumat pada kali ini pada akhir khutbah, khatib mengajak jamaah shalat jumat berdoa munajat kepada Allah, menengadahkan tangan memohon keridhoan Allah untuk semua umat islam yang sedang melaksanakan shalat jumat. Setelah mendengarkan Khotbah, semua jamaah melaksanakan shalat jumat secara berjamaah.

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button