EkonomiSMK Ekonomika

Karakteristik Pasar Monopoli hanya memiliki satu produsen

Karakteristik Pasar Monopoli hanya memiliki satu produsen, Pasar monopoli merupakan kebalikan dari pasar persaingan sempurna, pasar ini memiliki karakteristik sebagai berikut:

  1. Terdapat hanya satu produsen dalam pasar ini sesuai dengan kata “mono” yang berarti satu.
  2. Barang yang dihasilkan produsen tersebut tidak memiliki pengganti sama sekali.
  3. Tidak ada produsen lain yang bisa masuk karena terhadap penghalang yang sangat kuat, seperti modal yang sangat besar untuk usaha tersebut, hak paten dan hak cipta yang dijamin oleh undang-undang Negara, atau teknologi yang sangat spesifik, mahal dan sulit untuk diiukuti oleh produsen lain.
  4. Perusahaan dapat mempengaruhi harga.Penentuan harga sepenuhnya dikuasai oleh perusahaan, akibatnya perusahaan dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendaki.
  5. Promosi dan iklan kurang gencar dilakukan. Konsumen akan membeli produk yang dihasilkan perusahaan monopoli berapapun tingkat harga yang ditetapkan jika mereka memerlukannya karena tidak ada pilihan produk lain.
  6. Permintaan yang dihadapi oleh perusahaan monopoli bersifat menurun dari kiri atas ke kanan bawah tapi lebih curam atau bersifat inelastis. Dengan bentuk kurva :
Gambar 46a. Kurva permintaan pasar monopoli (ilustrasi foto/istimewa)

Karena ciri-ciri tersebut, seorang produsen dalam pasar monopoli memiliki kekuasaan penuh pada pasar tersebut (complete market power).

Salah satu alasan terjadinya monopoli

Karena biaya yang luar biasa besar dibutuhkan untuk memulai suatu usaha. Karena faktor biaya ini, mayoritas produsen tidak ingin melakukan usaha dibidang tersebut.

Hal ini sesungguhnya akan memacu skala ekonomi (economies of scale) perusahaan terutama ketika dibutuhkan biaya tetap sebagai biaya awal yang sangat besar (initial cost), (misalnya dalam produksi listrik dibutuhkan banyak generator raksasa dan jutaan tiang listrik serta kabel yang sangat banyak).

Yaitu ketika perusahaan tersebut mendistribusikan biaya tetap tersebut pada seluruh produksinya sehingga biaya tetap per unit produksi akan semakin kecil seiring dengan semakin banyaknya produksi. Pada akhirnya biaya total per unit pun akan semakin kecil.

Bandingkan jika terdapat banyak perusahaan yang akan memproduksi listrik, dimana setiap perusahaan harus mengeluarkan biaya tetap diawal yang sangat besar sementara disisi lain mereka harus bersaing memperebutkan (berbagi) konsumen.

Baca juga Jenis-jenis Permintaan dapat dibedakan menjadi beberapa jenis

Dalam kondisi ini economies of scale tidak akan terwujud. Inilah yang dinamakan dengan monopoli alamiah (natural monopoly).

Modul Belajar Mandiri: Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Sosial - Ekonomi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button