Advertisement
Advertisement
GeografiIPS Kelas 8

Dampak Permasalahan Kependudukan terhadap Pembangunan

Advertisement

Dampak Permasalahan Kependudukan terhadap Pembangunan, Negara-negara di dunia berupaya untuk memenuhi kebutuhan hidup penduduknya seperti suatu keluarga berupaya untuk memenuhi kebutuhan anggota keluarga.

Untuk memenuhi kebutuhan penduduk maka negara melakukan pembangunan. Semua negara di dunia melaksanakan pembangunan untuk memenuhi kebutuhan rakyatnya. 

Negara maju selalu berupaya untuk melakukan pembangunan hingga tingkat kesejahteraan rakyatnya meningkat, demikian pula dengan negara berkembang seperti Indonesia melaksanakan pembangunan yang disebut pembangunan nasional. Pembangunan dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan rakyat dan juga untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Advertisement

Pembangunan Nasional

Pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia, yaitu masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memerhatikan tantangan perkembangan global.

Tujuan pembangunan nasional adalah meningkatkan kualitas manusia atau masyarakat Indonesia. Masyarakat berkualitas adalah masyarakat yang hidup sejahtera di mana seluruh kebutuhan hidupnya, baik jasmani maupun rohani terpenuhi. Pembangunan nasional bertumpu pada peningkatan kualitas manusia Indonesia, bukan pada aspek ekonomi.

Agar peningkatan kualitas masyarakat Indonesia terjadi maka usaha pembangunan nasional dilakukan secara berkelanjutan. Artinya, pembangunan nasional saat ini merupakan kelanjutan dari pembangunan di masa lalu.

Melalui pembangunan berkelanjutan ini maka akan tercipta peningkatan kualitas masyarakat Indonesia secara berkelanjutan. Dengan cara inilah diyakini peningkatan kualitas masyarakat Indonesia dapat terwujud sedikit demi sedikit hingga kualitas manusia dan masyarakat Indonesia semakin meningkat.

Pembangunan nasional berupaya untuk mewujudkan manusia dan masyarakat Indonesia yang berkualitas tinggi dan dengan kualitas itu manusia dan masyarakat Indonesia mampu bersaing dalam kehidupan global. Dengan manusia dan masyarakat berkualitas maka kita dapat mengenal tantangan dalam kehidupan global serta dapat menghadapi tantangan yang ada.

Pelaksanaan pembangunan nasional telah menghasilkan kebutuhan masyarakat secara nyata seperti pembangunan fisik di desa dan kota. Pelaksanaan pembangunan nasional mengalami hambatan-hambatan, seperti kualitas sumber daya manusia rendah, ketergantungan teknologi ke negara maju, modal terbatas, persebaran penduduk, dan disiplin masyarakat rendah.

Advertisement

Dampak Permasalahan Kependudukan terhadap Pembangunan Indonesia

Apa dampak dari masalah kependudukan terhadap pembangunan kita? Masih ingatkah permasalahan kependudukan yang dihadapi Indonesia? Permasalahan jumlah penduduk yang besar menyebabkan kebutuhan hidup penduduk semakin besar sehingga terjadi ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan sumber-sumber yang tersedia.

Untuk memenuhi kebutuhan hidup maka pemerintah melakukan pembangunan. Hasil-hasil pembangunan telah dapat meningkatkan fasilitas hidup penduduk. Namun, seiring dengan jumlah penduduk yang besar maka hasil tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan penduduk sehingga menyebabkan tingkat kesejahteraan penduduk semakin menurun.

Permasalahan pertumbuhan penduduk tinggi menyebabkan jumlah penduduk Indonesia setiap tahun bertambah (sesuai sensus penduduk tahun 2000) sebesar 3,5 juta jiwa. Tentunya manusia yang baru lahir ini membutuhkan fasilitas hidup agar dapat bertahan hidup dan bila tidak terpenuhi maka kesejahteraan penduduk juga menurun. 

Advertisement

Permasalahan tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan kurangnya tenaga terdidik untuk melaksanakan pembangunan. Tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan penduduk tidak dinamis dan kurang berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan.

Baca juga Fauna Indonesia banyak tersebar di pulau-pulau tanah air

Hal ini juga mengakibatkan penduduk kurang berpikir rasional sehingga sukar untuk menerima perubahan. Tingkat pendidikan yang rendah menyebabkan sulit menerima pembaruan di bidang teknologi yang mutlak diperlukan dalam pembangunan Indonesia.

Advertisement

Permasalahan tingkat kesehatan penduduk rendah menyebabkan pemeliharaan kesehatan penduduk juga rendah. Rendahnya kesadaran pemeliharaan kesehatan juga sebagai dampak dari rendahnya tingkat penghasilan penduduk.

Kondisi ini membuat gerak pembangunan semakin lamban. Penduduk yang sehat dapat melaksanakan pembangunan dan di masa sekarang pembangunan itu semakin membutuhkan kesehatan yang tinggi.

Permasalahan tingkat kesehatan penduduk rendah menyebabkan pemeliharaan kesehatan penduduk juga rendah. (ilustrasi foto/Carevo)

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button