Advertisement
Berita

Bayar pajak di Jakarta mobilnya di Kalimantan

Advertisement
Advertisement

Bayar pajak di Jakarta mobilnya di Kalimantan, pagi-pagi sudah berangkat ke outlet samsat untuk membayar pajak tahunan kendaraan mobil yang di Kalimantan. Walaupun sesampainya di outlet samsat belum buka dan pintu mall juga belum dibuka, kita bersemangat untuk mendapatkan antrian pertama, untuk memburu waktu kerja. 

Akhirnya pintu masuk mall dibuka kira-kira jam 8 pagi, selanjutnya masih harus menunggu jam buka outlet samsat yang katanya akan dibuka jam 8.30. Sebelum outlet samsat dibuka penulis sudah dapat nomor antrian walaupun tidak dapat no. 1 tetapi masih dapat no. 2.

Sebelum dimasukkan ke dalam antrian semua persyaratan yang harus dilengkapi sudah disiapkan. Karena kendaraanya di Kalimantan STNK asli yang akan diperpanjang dikirimkan melalui jasa kurir, waktu pengiriman stnk dari Kalimantan tidak lama hanya cukup kurang lebih 2-3 hari.

Bayar pajak di Jakarta mobilnya di Kalimantan, Kendaraan yang ada di Kalimantan untuk kegiatan operasional perusahaan dan sudah satu tahun ada di Kalimantan. Kendaraannya sendiri memang menggunakan plat nomor B yang harus diperpanjang di Jakarta. Selesai perpanjang pajak, stnk asli harus dikirim kembali ke Kalimantan untuk operasional kendaraan.

Baca juga Monumen Nasional (monas) Jakarta pada hari Minggu

Bea Balik Nama kendaraan Bermotor (BBNKB)

Sebelum pembayaran pajak kendaraan ada pengumuman yang disampaikan oleh petugas samsat mengenai gratis pembayaran Bea Balik Nama kendaraan Bermotor yang berlaku 01 November – 23 Desember 2022.

Program pembebasan bea balik nama kendaraan bermotor yang kedua, diberlakukan untuk kendaraan pribadi yang memiliki dan/atau menguasai kendaraan bermotor di daerah hukum kepolisian daerah Jawa Barat dan Metro Jaya. Badan Usaha, Pemerintah, Pemerintah daerah Provinsi, Pemerintah daerah Kab./Kota dan Pemerintah Desa di Jawa Barat.

Jenis Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) II, terdiri dari beberapa jenis diantaranya

  • Alih kepemilikan kendaraan karena pembelian kendaraan bekas
  • Alih kepemilikan kendaraan karena Waris
  • Alih kepemilikan kendaraan karena Hibah
  • Alih kepemilikan kendaraan karena Lelang

Persyaratan yang harus dipersiapkan diantaranya; stnk asli, e-ktp asli pemilik baru, skkp / skpd terakhir, bpkb asli, bukti pengalihan kepemilikan, kendaraan dihadirkan di samsat, bukti hasil cek fisik, semua berkas difotokopi.

Bayar pajak setahun sekali untuk kendaraan bermotor (foto/istimewa)
Bayar pajak setahun sekali untuk kendaraan bermotor (foto/istimewa)

Bayar pajak kendaraan di Kelurahan

Untuk membayar pajak perpanjangan sekarang ini bisa dilakukan di beberapa tempat, bisa bayar di Kelurahan, atau transfer melalui bank. Tinggal pilih mau menggunakan cara atau dimana melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Setelah melakukan pembayaran petugas menginformasikan untuk pengambilan stnk tidak bisa di outlet atau gerai samsat. STNK bisa diambil di kantor pusat samsat daerah masing-masing.

Saat pengambilan stnk bukti pembayaran harus dibawa dan syarat-syarat pembayaran pajak kendaraan harus dibawa. Kelengkapan atau persyaratan ini diserahkan ke petugas saat mengambil stnk yang baru.

Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button

Adblock Detected

Turn off Ad Blocker from browsing the site