Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Bauran pemasaran (Marketing Mix)

Advertisement

Bauran pemasaran (Marketing Mix). Bauran pemasaran (marketing mix) merupakan strategi pemasaran yang mencakup berbagai komponen dalam pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai target pasar yang sudah ditentukan dalam rencana pemasaran. 

Dalam pemasaran, bauran pemasaran terdiri atas komponen strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi.

Keempat komponen bauran pemasaran tersebut dijalankan secara bersama –sama dan sinergi sehingga membentuk suatu strategi pemasaran terpadu untuk memasarkan suatu produk.

Advertisement

Strategi Pemasaran

Penerapan strategi pemasaran tidak sama untuk setiap kondisi yang ada. Pemasar perlu memperhatikan dan menyesuaikan strategi pemasaran yang diterapkan dengan kondisi lingkungan eksternal maupun lingkungan internal yang dimiliki.

Penerapan strategi pemasaran dengan mengkombinasikan antara lingkungan eksternal dan internal akan menjadikan strategi pemasaran tersebut menjadi lebih responsif terhadap perubahan dan kemampuan yang dimiliki perusahaan.

Tabel. Rangkuman Strategi Pemasaran pada Siklus Daur Hidup Produk (foto/istimewa)
Tabel. Rangkuman Strategi Pemasaran pada Siklus Daur Hidup Produk (foto/istimewa)

Penentuan kombinasi strategi bauran pemasaran pada masing – masing tahap daur hidup produk diatas didasarkan pada kemungkinan pengaruhnya terhadap penjualan yang dalam hal ini diukur dengan elastisitas masing – masing bauran pemasaran terhadap penjualan. 

Penerapan strategi bauran pemasaran pada masing – masing tahap daur hidup produk memiliki tujuan yang berbeda – beda namun dengan tujuan utama adalah untuk dapat mempertahankan penjualan produk yang mampu memberikan laba kepada perusahaan.

Pemasaran Digital

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah merek dengan menggunakan media digital yang dapat menjangkau konsumen secara tepat waktu, pribadi, dan relevan. Tipe pemasaran digital mencakup banyak teknik dan praktek yang terkandung dalam kategori pemasaran internet.

Dengan adanya ketergantungan pemasaran tanpa internet membuat bidang pemasaran digital menggabungkan elemen utama lainnya seperti ponsel, SMS (pesan teks dikirim melalui ponsel), menampilkan iklan spanduk, dan digital luar. 

Advertisement

Pemasaran digital turut menggabungkan faktor psikologis, humanis, antropologi, dan teknologi yang akan menjadi media baru dengan kapasitas besar, interaktif, dan multimedia. 

Hasil dari era baru berupa interaksi antara produsen, perantara pasar, dan konsumen. Pemasaran melalui digital sedang diperluas untuk mendukung pelayanan perusahaan dan keterlibatan dari konsumen.

Pemasaran digital berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi. Perkembangan pemasaran digital sangat cepat dan bahkan mulai meninggalkan metode pemasaran secara tradisional.

Advertisement

Perkembangan internet dan kemudahan akses untuk memasarkan lewat berbagai situs mendorong pertumbuhan era pemasaran digital.

Secara umum pemasaran digital dikelompokkan kedalam dua kelompok yaitu pemasaran via internet dan pemasaran non internet (telp, sms).

Baca juga Globalisasi Ekonomi dan Bisnis Internasional

Advertisement

1. Pemasaran internet

a. Email

Pemasaran melalui email disebut email komersial. Penggunaan email dalam bisnis dapat membantu pengiriman informasi (promosi) mengenai produk atau jasa pada receiver (penerima pesan). CAN-SPAM Act adalah sebuah hukum yang menetapkan aturan-aturan untuk email komersial. Persyaratan utama CAN-SPAM Act.

  • Dilarang menggunakan informasi header palsu atau menyesatkan  
  • Mengidentifikasi bisnis secara akurat.
  • Dilarang menggunakan baris subjek yang menipu
  • Baris subjek harus mencerminkan isi pesan.
  • Identifikasi pesan sebagai iklan
  • Iklan harus diungkapkan dengan jelas dan mencolok.
  • Menyertakan lokasi keberadaan pengirim kepada penerima pesan  
  • Mengikutsertakan alamat yang valid berupa pos fisik. Pos tersebut harus terdaftar pada Postal Service.
  • Memantau orang lain yang mengatasnamakan perusahaan utama
  • Menyewa perusahaan lain untuk menangani pemasaran email harus didasari atas tanggung jawab dengan mematuhi hukum yang berlaku.

b. Website 

Website merupakan alamat/domain suatu perusahaan dalam internet. Dengan memiliki alamat website sendiri, maka perusahaan dapat memberikan informasi kepada pengguna internet. Website juga merupakan sarana yang mudah dan murah untuk mengkomunikasikan informasi dan promosi produk kepada konsumen 

c.  Jejaring sosial

Perkembangan jejaring sosial (social network) sangat pesat dan memiliki jutaan anggota, Jejaring sosial banyak digunakan oleh para penggunanya untuk menjual produk kepada sesama teman maupun anggota yang ada dalam jaringan mereka. 

2. Pemasaran tanpa internet

a. SMS (short message service)

Salah satu pesan teks melalui ponsel. Pemasaran ini dimulai sejak tahun 2000-an di beberapa Negara seperti Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Pada tahun 2005 alat komunikasi selular (ponsel) menjadi bentuk pemasaran yang sah di seluruh dunia. 

b. Iklan banner

Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog atau situs kliennya.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button