Khutbah JUMAT

Waktu Pelaksanaan Penyembelihan Binatang Qurban

Waktu pelaksanaan penyembelihan binatang Qurban. Penyembelihan binatang kurban dilakukan pada hari raya Idul Adha, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah dalam penanggalan Hijriyah. Pelaksanaan penyembelihan biasanya dilakukan setelah pelaksanaan Salat Idul Adha atau Salat Hari Raya.

Salat Idul Adha dilakukan di pagi hari pada tanggal 10 Dzulhijjah, setelah matahari terbit dan sebelum matahari berada di posisi terlalu tinggi di langit. Setelah salat selesai, penyembelihan binatang kurban dilakukan oleh individu, keluarga, atau lembaga yang telah menyiapkan binatang kurban dengan mengikuti tata cara dan syarat yang benar.

Penting untuk memastikan bahwa penyembelihan binatang kurban dilakukan pada hari raya Idul Adha sesuai dengan praktik yang berlaku dalam agama Islam. Jika penyembelihan dilakukan sebelum atau setelah hari tersebut tanpa alasan yang sah, maka binatang tersebut tidak dianggap sebagai kurban Idul Adha.

A. Apakah boleh berkurban setelah Hari Raya Idul Adha?

Dalam agama Islam, penyembelihan hewan kurban yang dilakukan setelah Hari Raya Idul Adha juga diperbolehkan. Meskipun Hari Raya Idul Adha merupakan waktu yang paling utama untuk berkurban, terdapat riwayat-riwayat dalam hadis yang menunjukkan bahwa penyembelihan binatang kurban dapat dilakukan pada hari kedua atau ketiga setelah Hari Raya Idul Adha.

Namun, penting untuk dicatat bahwa penyembelihan binatang kurban setelah Hari Raya Idul Adha harus dilakukan dengan niat kurban dan mengikuti syarat-syarat dan tata cara yang benar sesuai dengan ajaran agama Islam.

Selain itu, disarankan untuk berkonsultasi dengan otoritas agama atau ulama setempat untuk memastikan praktik tersebut sesuai dengan panduan dan aturan yang berlaku di wilayah atau masyarakat setempat.

Meskipun diperbolehkan, penyembelihan binatang kurban setelah Hari Raya Idul Adha tidak menggantikan kewajiban dan keutamaan berkurban pada waktu yang paling utama, yaitu pada hari raya itu sendiri.

Sehingga, disarankan untuk menyembelih binatang kurban pada hari raya Idul Adha, kecuali jika ada keadaan atau alasan yang sah untuk melakukan penyembelihan setelahnya.

Baca juga APAKAH MENIKAH ITU WAJIB DALAM ISLAM

B. Apa yang dilarang saat berkurban?

Saat berkurban dalam agama Islam mengandung beberapa larangan dan tindakan yang tidak diperbolehkan. Beberapa larangan yang perlu diperhatikan saat berkurban antara lain:

  1. Membunuh binatang kurban sebelum waktu yang ditentukan: Binatang kurban hanya boleh disembelih setelah pelaksanaan Salat Idul Adha atau Salat Hari Raya, dan pada waktu yang ditentukan setelah salat tersebut selesai. Membunuh binatang kurban sebelum waktu yang ditentukan tidak dianggap sebagai kurban yang sah.
  1. Membunuh binatang kurban di tempat yang tidak diizinkan: Penyembelihan binatang kurban harus dilakukan di tempat yang memenuhi persyaratan dan aturan yang berlaku. Biasanya, ini dilakukan di tempat pemotongan hewan yang disediakan oleh lembaga atau organisasi yang berwenang.
  1. Membunuh binatang kurban dengan cara yang tidak benar: Penyembelihan binatang kurban harus dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan ajaran agama Islam. Binatang tersebut harus disembelih dengan tajam di tenggorokannya dan harus disebut nama Allah ketika menyembelihnya.
  1. Menghilangkan sebagian dari binatang kurban sebelum penyembelihan: Tidak diperbolehkan menghilangkan atau menjual sebagian dari binatang kurban sebelum dilakukan penyembelihan. Binatang kurban harus utuh dan tidak boleh dipotong sebelum penyembelihan.
  1. Menggunakan daging kurban sebagai barang tukar atau jual beli: Daging kurban tidak boleh digunakan sebagai barang tukar atau dijual belikan. Tujuan dari kurban adalah untuk beribadah kepada Allah dan berbagi dengan sesama, bukan untuk mendapatkan keuntungan materi.
  1. Memboroskan daging kurban: Tidak dianjurkan memboroskan daging kurban. Sebaiknya daging kurban disimpan, dikonsumsi, atau dibagikan kepada yang berhak menerimanya sesuai dengan tata cara yang benar.

Penting untuk memahami dan mengikuti aturan-aturan tersebut dalam berkurban agar ibadah kurban kita dapat diterima dan sesuai dengan ajaran agama Islam.

Waktu pelaksanaan penyembelihan binatang kurban (ft/istimewa)
Gambar. Waktu pelaksanaan penyembelihan binatang kurban (ft/istimewa)

Membaca Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button