Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Tujuan penetapan harga jual

Advertisement

Tujuan penetapan harga jual. Dalam menetapkan tujuan harga produsen harus menghubungkannya dengan strategi perusahaan secara menyeluruh. Adapun secara umum tujuan penetapan harga adalah.

1. Memaksimalkan penjualan dan penetrasi pasar

Untuk dapat menarik perhatian para konsumen yang menjadi target market/target pasar maka suatu perusahaan sebaiknya menetapkan harga yang serendah mungkin. Dengan harga turun, maka akan memicu peningkatan permintaan yang juga datang dari market share pesaing/ kompetitor.

2. Mempertahankan kualitas atau diferensiasi pelayanan

Apabila persaingan di dalam industri bisnis yang sama sudah cukup banyak dan kuat-kuat maka salah satu teknik yang dapat dipakai untuk menjaga pangsa pasar konsumen adalah dengan penyesuaian harga menjadi lebih murah. Dengan adanya penurunan harga yang lebih murah dari pesaing akan membuat konsumen tetap setia dengan produk yang kita jual.

Advertisement

3. Mendapatkan atau memaksimal keuntungan

Penetapan harga biasanya memperhitungkan tingkat keuntungan yang ingin diperoleh. Semakin besar margin keuntungan yang ingin didapat, maka menjadi tinggi pula harga yang ditetapkan untuk konsumen. Dalam menetapkan harga sebaiknya turut memperhitungkan daya beli dan variabel lain yang dipengaruhi harga agar keuntungan yang diraih dapat maksimum.

Baca juga Keuntungan dan Kerugian Saham

4. Harga pasar

Tujuan penetapan harga jual. Mendapatkan atau Merebut Pangsa Pasar/ Market Share

5. Menjaga Kelangsungan Hidup Kegiatan Operasional.

Perusahaan yang baik menetapkan harga dengan memperhitungkan segala kemungkinan agar tetap memiliki dana yang cukup untuk tetap menjalankan aktivitas usaha bisnis yang dijalani.

6. Balik Modal ROI/Return On Investment.

Setiap usaha menginginkan tingkat pengembalian modal yang tinggi. ROI yang tinggi dapat dicapai dengan jalan menaikkan profit margin serta meningkatkan angka penjualan. 

Gambar. Tujuan Penetapan Harga (foto/istimewa)
Gambar. Tujuan Penetapan Harga (foto/istimewa)

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button