Berita

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan: RS Graha Permata Ibu Menerima Rujukan BPJS Kesehatan

ADVERTISEMENT

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan: RS Graha Permata Ibu Menerima Rujukan BPJS Kesehatan. Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial berkerjasama dengan beberapa klinik dan Rumah Sakit di seluruh Indonesia. Salah satunya dengan Klinik Bahar Medika 2 Mampang dan  RS Graha Permata Ibu yang berlokasi di Kelurahan Kukusan Kecamatan beji Kota Depok. Lokasi ini berada di dekat Gerbang toll Kukusan.

Cerita seorang pasien yang dapat rujukan dari Klinik Bahar Medika Mampang, Pancoranmas yang harus di rujuk ke RS. Graha Permata Ibu karena ada bagian tubuhnya yang harus di Operasi Bedah. Untuk melakukan Operasi bedah harus melakukan beberapa tahapan dan persiapan sebelum di lakukan Tindakan.

Pasein ini baru menggunakan rujukan BPJS ke RS. Graha Permata Ibu. Sebelum mendapatkan pelayanan Kesehatan di Klinik RS. GPI. Pasein harus daftar dahulu di BPJS yang ada di RS. GPI Untuk mendapatkan  nomor antrian klinik.

Jangan Kaget kalau begitu datang sudah banyak orang yang antri, pasein atau anggota keluarganya yang mendaftarkan kadang sudah datang dari pagi hari untuk mendapatkan antrian di RS. GPI. Kondisi ini akan menyita waktu berjam-jam antara 1-2 jam dah hal ini akan melelahkan. Untuk itu disarankan pasien yang baru di damping oleh anggota keluarga.

Setelah menunggu kurang lebih 1 jam akhirnya mendapatkan nomor antrian untuk mendapatkan pelayanan Kesehatan. Saat dipanggil satu-persatu ternyata banyak juga yang sudah mendaftarkan diri dari aplikasi JKN dari rumah masing-masing. Nomor antrian dari JKN dan daftar online terintegrasi dengan aplikasi JKN. Kalaupun kita sudah datang pagi-pagi ke RS untuk mendapatkan nomor antrian belum tentu dapat urutan kecil seandainya dari aplikasi JKN sudah banyak yang mendaftar.

Baca juga: Menghindari Kebiasaan yang Merusak Otak: Membangun Kesehatan Mental yang Optimal

Aplikasi JKN

Pendaftaran menggunakan aplikasi JKN menurut petugas PBJS Kesehatan bisa dilakukan 3 hari sebelum dikalukan Tindakan medis  baik di klinik maupun Rumah Sakit. Jadi Kalau Pasein yang datang pagi-pagi akan didahului oleh pasein yang daftar menggunakan aplikasi JNK 3 hari sebelumnya. Untuk memastikan pasein yang daftar menggunakan aplikasi JKN sudah hadir di lokasi Rumah Sakit atau klinik di haruskan melakukan scand barcode cek in dengan aplikasi JKN yang sudah di daftarkan sebelumnya.

Petugas BPJS Kesehatan menyarankan untuk menggundah aplikasi JKN (Jaminan Kesehatan Nasional) untuk mempermudah pelayanan Kesehatan, dalam aplikasi JKN ini banyak informasi yang bisa didapatkan. Salah satu kemudahan yang bisa didapatkan pengguna aplikasi JKN bisa mendaftarkan diri dari rumah masing-masing tanpa harus antri berjam-jam di loket kasir RS.

Penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan gampang dioperasikan dari Handphone masing-masing Peserta PBJS Kesehatan. Saya liat di aplikasi JKN ini sangat banyak menu Kesehatan yang bisa digunakan. Semua Klinik dan Rumah Sakit di Indonesia sudah banyak yang menggunakan aplikasi JKN Salah satunya RS. GPI yang berlokasi di Kelurahan Kukusan Kecamatan Beji Kota Depok.

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan: RS Graha Permata Ibu Menerima Rujukan BPJS Kesehatan (ft/istimewa)
Gambar. Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan: RS Graha Permata Ibu Menerima Rujukan BPJS Kesehatan (ft/istimewa)

ADVERTISEMENT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button