Advertisement
Advertisement
Ekonomi

Konsep produk dan contohnya

Advertisement

Konsep produk dan contohnya. Produk adalah segala sesuatu yang memberikan nilai yang dapat memberikan manfaat bagi konsumen. Konsumen tidak akan membeli produk hanya karena mereka menyukai produk tersebut.

Konsumen membeli suatu produk karena mereka menyukai dan memperoleh manfaat dari produk tersebut. Konsumen menilai produk dengan melakukan perbandingan antara benefit dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk memperoleh produk tersebut.

Suatu produk harus memiliki ciri-ciri khusus agar dapat diterima oleh konsumen. Ciri khas suatu produk yang dapat dijual dan diterima konsumen adalah kualitas produk dan mampu memberikan manfaat yang nyata sesuai kebutuhan konsumen. 

Advertisement

Alasan utama konsumen membeli produk

  • Ciri khas (feature) yaitu ciri ciri khusus yang terdapat dalam suatu produk yang membedakan dengan produk yang lain
  • Manfaat (benefit) yaitu manfaat yang ditawarkan oleh suatu produk yang dirasakan oleh konsumen.

Kelompok utama produk

Konsep produk dan contohnya. Secara umum produk yang ditawarkan dibagi kedalam dua kelompok utama yaitu produk yang memiliki fisik dan produk yang tidak memiliki fisik (jasa).

  • Produk fisik yaitu produk yang terlihat secara fisik dan dapat diketahui wujud dari produk tersebut. Produk fisik biasanya berupa benda yang ditawarkan kepada konsumen untuk dapat memperoleh manfaat dari benda tersebut. Contoh produk fisik yaitu kursi, mobil, sabun, dll
  • Jasa yaitu produk yang tidak terlihat fisiknya sehingga orang tidak bisa mengetahui wujud produk tersebut namun dapat merasakan manfaat yang diberikan oleh produk tersebut. Produk jasa biasanya adalah suatu aktivitas atau proses yang manfaatnya dapat dirasakan oleh konsumen. Contoh produk jasa ini yaitu tukang cukur, tukang pijat, dll 

Dua Kelompok Pembeli

Salah satu cara untuk mengklasifikasikan produk adalah berdasarkan pembeli yang diharapkan. Pembeli dibagi dalam 2 kelompok pembeli yaitu pembeli barang konsumsi dan pembeli produk produksi.

Pembeli barang konsumsi menggunakan produknya untuk memenuhi kebutuhan mereka tanpa memberikan nilai tambah untuk suatu produk yang baru.

Baca juga Teori Kepemimpinan secara umum

Sedangkan pembeli produk-produk industri menggunakan produk yang mereka beli untuk melakukan proses produksi dalam kegiatan produksi.

1 Klasifikasi produk konsumsi secara umum dibagi dalam tiga kategori meliputi;

  • Convenience good atau barang kenyamanan dan jasa kenyamanan. Produk dalam kategori merupakan produk yang relatif tidak mahal dan sering dibeli serta dengan sedikit waktu dan pertimbangan untuk melakukan pembelian.
  • Shopping goods, merupakan produk barang dan jasa yang lebih mahal dan lebih jarang dibeli oleh konsumen dibandingkan barang kenyamanan (convenience goods). Produk ini merupakan produk yang memerlukan evaluasi dan pertimbangan yang lebih kompleks bagi konsumen dalam melakukan pembelian.
  • Specialty goods, berupa barang khusus (specialty goods) dan jasa khusus (specialty services) merupakan produk yang sangat penting dan mahal harganya. Konsumen dalam memilih kategori produk ini akan melakuan proses pengambilan keputusan pembelian yang relatif lama dan dianggap yang paling tepat dan mudah untuk berubah ubah produk.

2 Klasifikasi produk industri secara umum dikelompokkan dalam dua kategori meliputi:

  • Biaya barang beban, merupakan bahan produksi dan jasa yang dikonsumsi dalam setahun oleh perusahaan yang memproduksi barang-barang lain atau menyediakan jasa lain. Pembelian barang biaya beban digunakan secara cepat dan teratur dalam kegiatan operasi sehari-hari.
  • Belanja barang modal, merupakan barang dan jasa permanen yang tahan lama dan tidak habis sekali pakai, Produk barang modal biasanya merupakan produk yang mahal harganya, tahan lama, dan jarang dilakukan pembelian oleh perusahaan.  

Advertisement

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button