Advertisement
Advertisement
Perkantoran

Petunjuk Menulis Surat Pribadi

Advertisement

Petunjuk Menulis Surat Pribadi, bisa juga dipergunakan untuk menulis surat email, pada dasarnya penulisan surat secara fisik dan penulisan surat secara elektronik memiliki ketentuan yang sama. Yang membedakan surat fisik dengan elektronik hanya pada media yang digunakan. Secara umum seiring dengan perubahan zaman, penggunaan surat secara fisik sudah tergantikan dengan model surat elektronik yang biasa kita sebut email.

1. Surat Pribadi

Yang dimaksud dengan surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Dalam kehidupan sehari-hari, surat pribadi sering digunakan. Misalnya, surat yang dikirimkan oleh seorang anak kepada orang tuanya, surat sahabat pena, dan lain-lain.

Surat pribadi ditulis menurut bentuk tertentu. Tata cara penulisan surat pribadi berbeda dengan surat resmi. Bagian-bagiannya tidak selengkap surat resmi. Perbedaan penulisan surat pribadi dengan surat resmi adalah:

Advertisement
  1. Surat pribadi tidak bernomor, tidak menggunakan inisial, dan sebagainya.
  2. Penulis surat tidak mewakili organisasi.

Oleh sebab itu, penulis menyebut dirinya “saya”. Dalam menguraikan isi surat, penulis surat harus selalu mengingat posisinya. Orang yang lebih muda harus berhati-hati apabila menulis surat kepada orang yang lebih tua. Untuk menulis surat pribadi dapat digunakan kartu pos, warkat pos, dan surat bersampul.

Ada berbagai surat yang dapat diklasifikasikan ke dalam surat pribadi, seperti surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk sekolah/kerja, surat undangan, surat ucapan selamat, surat permintaan maaf, surat penghargaan, dan surat ucapan belasungkawa. Surat pribadi dibagi menjadi dua jenis, yaitu: 

Artikel Terkait
  1. Surat pribadi kekeluargaan, yaitu surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi kekeluargaan.
  2. Surat pribadi kedinasan, yaitu surat yang dikirimkan oleh seseorang yang isinya menyangkut segi-segi kedinasan.

Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan dijelaskan surat pribadi yang menyangkut segi kedinasan, yaitu surat lamaran pekerjaan. 

2. Surat Lamaran Pekerjaan

Sebelum kerja pada satu instansi atau perusahaan biasanya diminta terlebih dahulu mengirimkan surat lamaran kerja pada bagian atau posisi mana pelamar tertarik atau akan ditempatkan.

a. Pengertian Surat Lamaran Pekerjaan

Surat lamaran pekerjaan adalah surat dari seseorang yang memerlukan pekerjaan (pelamar) yang dikirimkan kepada badan usaha atau instansi guna mendapatkan pekerjaan atau jabatan sesuai dengan lowongan pekerjaan/jabatan yang ditawarkan.

Advertisement

Petunjuk Menulis Surat Pribadi. Seseorang yang memerlukan pekerjaan dapat mengajukan surat lamaran setelah memperoleh informasi tentang adanya lowongan pekerjaan. Informasi tentang adanya lowongan pekerjaan dapat diperoleh dari teman, kenalan, iklan di surat kabar/majalah.

Di samping itu, seorang pelamar dapat melamar secara coba-coba tanpa mengetahui apakah ada lowongan pekerjaan atau tidak pada instansi/badan usaha yang dilamarnya.

Surat lamaran pekerjaan dapat dibuat dengan dua cara, yaitu:

Advertisement
  1. Surat lamaran pekerjaan yang digabungkan dengan daftar riwayat hidup (curriculum vitae). Dalam model ini, riwayat hidup termasuk isi surat.
  2. Surat lamaran pekerjaan yang dipisahkan dengan riwayat hidup. Dalam model ini riwayat hidup merupakan lampiran.

Dalam praktek pemakaian, yang banyak digunakan adalah model lamaran yang dipisahkan dengan riwayat hidup. Walaupun dalam pembuatannya memerlukan dua kali kerja, namun surat lamaran model ini digemari pelamar karena suratnya tidak panjang.

b. Syarat Penyusunan Surat Lamaran Pekerjaan

Petunjuk Menulis Surat Pribadi. Setiap pelamar harus menunjukkan kemampuan yang ada pada dirinya, yaitu dengan cara menyebutkan kualifikasi agar kemampuannya tergambar secara jelas. Untuk itu, penulisan surat lamaran pekerjaan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut.

  1. Surat lamaran yang ditulis tangan harus ditulis oleh pelamar sendiri pada kertas yang berkualitas baik, tidak boleh timbal balik. Surat lamaran sebaiknya ditulis di atas kertas bergaris agar hasilnya rapi.
  2. Surat lamaran yang diketik hendaklah diketik di atas kertas yang berkualitas baik (minimal HVS 60 gram) dengan jarak pengetikan 1 1/2 spasi.
  3. Surat lamaran tidak boleh kotor, tidak boleh ada coretan atau koreksian.
  4. Isi surat lamaran harus menggambarkan sikap optimis bahwa pelamar akan mampu bekerja dengan baik.
  5. Isi surat lamaran tidak boleh bernada memelas atau minta dikasihani.
  6. Sapaan yang digunakan dalam surat lamaran:
    1. Bapak/Ibu, jika melamar pada instansi pemerintah atau perusahaan swasta nasional.
    2. Tuan, jika melamar pada perusahaan swasta asing.
    3. Tata Cara Penulisan Surat Lamaran Hal yang harus diperhatikan dalam menulis surat lamaran.

d. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

Lampiran adalah segala sesuatu yang disertakan dalam sebuah surat dengan maksud untuk mempertegas/memperkuat surat tersebut sebagai bahan pertimbangan bagi pihak badan usaha/instansi yang menawarkan pekerjaan. Adapun lampiran-lampiran dalam surat lamaran pekerjaan adalah:

Advertisement
  1. Daftar riwayat hidup.
  2. Fotokopi ijazah terakhir.
  3. Surat keterangan kesehatan.
  4. Surat keterangan berkelakuan baik.
  5. Fotokopi sertifikat kursus keterampilan.
  6. Pasfoto.

e. Daftar Riwayat Hidup

Daftar riwayat hidup (curriculum vitae) adalah catatan singkat tentang gambaran dari seseorang. Data yang dicantumkan dalam daftar riwayat hidup adalah: 

  1. Data pribadi
  2. Riwayat pendidikan: a) formal, b) non formal.
  3. Pengalaman bekerja (bila ada)
  4. Keterangan lain, misalnya hobi.
  5.  Referensi.

f. Referensi

Yang dimaksud referensi adalah keterangan dari orang-orang tertentu tentang diri pelamar. Di dalam surat lamaran atau di dalam riwayat hidup, pelamar menunjuk nama orang tertentu sebagai referensinya.

Orang yang dapat dijadikan referensi adalah mantan atasan, mantan dosen/guru, atau tertian dekat (kolega). Referensi berisi tentang siapa pelamar, bagaimana kehidupannya, prestasinya, kejujurannya, dan hal lain yang ingin diketahui oleh perusahaan/kantor yang dilamar. Referensi yang paling baik adalah “orang dalam” (karyawan kantor yang dilamar).

Contoh : Surat lamaran model terpisah

Contoh surat lamaran kerja (foto/istimewa)
Contoh surat lamaran kerja (foto/istimewa)

3. Surat Izin Tidak Masuk Sekolah/Kerja

Petunjuk Menulis Surat Pribadi. Seseorang yang karena sesuatu hal tidak dapat melaksanakan tugas sebagaimana mestinya. Untuk itu, ia wajib memberitahukan alasan ketidakhadirannya tersebut kepada pimpinan.

Baca juga Jenis-jenis surat dan keterangannya

Hal yang sama juga dapat terjadi pada seorang pelajar yang tidak dapat mengikuti pelajaran di sekolah. Orang tua/wali peserta didik tersebut wajib memberitahukan alasan ketidakhadiran putra/putrinya kepada pihak sekolah. Cara penulisan kedua surat ini sama seperti menulis surat pribadi pada umumnya.

Karena sesuatu hal, orang tua/wali tidak dapat membuat surat izin tidak masuk sekolah, Dalam hal ini, peserta didik dapat membuat sendiri surat izin tersebut dan ditandatangani orang tua/wali.

Rangkuman

  1. Surat pribadi adalah surat yang dibuat oleh seseorang yang isinya menyangkut kepentingan pribadi. Tata cara penulisan surat pribadi berbeda dengan surat resmi, dan bagian-bagiannya tidak selengkap surat pribadi.
  2. Surat pribadi dibagi menjadi dua jenis, yaitu surat pribadi kekeluargaan dan pribadi kedinasan.
  3. Surat pribadi kekeluargaan misalnya surat sahabat pena, surat seorang anak kepada orang tua, Surat pribadi kedinasan, contohnya surat lamaran pekerjaan, surat izin tidak masuk sekolah/kerja.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button