Advertisement
Advertisement
BeritaPerkantoran

Pengertian dan Komponen Komunikasi

Advertisement

Pengertian dan Komponen Komunikasi. Hubungan antar manusia memang perlu dan terus dilakukan serta dibina. Hal ini dilakukan karena pada dasarnya manusia tidak dapat memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri tanpa bantuan pihak lain, manusia harus mampu berkomunikasi.

Berkomunikasi tidak mudah berkomunikasi memerlukan keterampilan dan pengetahuan yang memadai, berkomunikasi dengan baik memerlukan latihan yang baik dan benar, dengan demikian pengetahuan dasar berkomunikasi perlu dipelajari dengan seksama.

1) Pengertian Komunikasi

Sering kali kita mendengar kata komunikasi dalam kehidupan sehari-hari dilingkungan rumah, sekolah maupun di media informasi, bisakah kamu menjelaskan tentang komunikasi?

Advertisement

Kata “komunikasi” berasal dari bahasa latin communicare yang berarti “berpartisipasi” atau memberitahukan. Komunikasi diartikan sebagai proses pemberitahuan, ada pihak yang memberitahu dan ada pihak yang diberitahu.

Komunikasi bisa juga disebut perhubungan atau tata hubungan. Tata hubungan ini menyangkut hubungan antar negara, hubungan antar organisasi, hubungan antara orang dengan organisasi atau hubungan antara seseorang dengan orang lain.

Istilah komunikasi (communication) kadang-kadang diartikan sebagai berita yang disampaikan atau alat-alat komunikasi yang menghubungkan tempat yang satu dengan yang lainnya. Contohnya :

  1. Sebagai berita yang disampaikan, seperti surat, fax dan teleks.
  2. Sebagai alat yang menghubungkan tempat seperti jalan raya, rel kereta api dan lain-lain. 

Pendapat dan Pengertian Komunikasi

Ada beberapa pendapat pengertian komunikasi, mungkin dari anda bisa menjelaskan tentang pengertian komunikasi? Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi dapat diartikan kedalam beberapa pengertian sebagai berikut:

  1. Komunikasi adalah proses pengoperan lambang-lambang yang berarti antar manusia
  2. Komunikasi adalah penyampaian pengertian dari seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang dan penyampaiannya tersebut merupakan suatu proses.
  3. Komunikasi secara sederhana adalah untuk menimbulkan suatu pengertian tukar menukar keterangan atau penjelasan dan komunikasi secara luas adalah proses penyampaian pendapat pesan yang mengandung pengertian antara perorangan atau golongan melalui saluran mekanisme, baik secara langsung berhadapan muka atau tidak langsung.
  4. Komunikasi adalah merupakan proses penyampaian berita dari suatu sumber informasi ke suatu tujuan.
  5. Komunikasi adalah penyampaian berita yang mengandung macam-macam keterangan dari seseorang kepada orang lain.

Dengan demikian komunikasi adalah suatu proses penyampaian berita dari suatu pihak ke pihak lain dengan mempergunakan suatu sarana untuk mendapatkan saling pengertian antara kedua belah pihak.

Pengertian Komunikasi menurut Ahli

Untuk menambah pengetahuan tentang pengertian komunikasi seperti di atas, masih ada beberapa pengertian komunikasi menurut para ahli, coba anda pahami sebagai berikut: 

Advertisement
  1. Pengertian komunikasi menurut Kamus Indonesia Umum oleh W.J.S. Poerwadarminta mengatakan bahwa komunikasi itu adalah perhubungan. Misalnya: Antara dua negara yang bersengketa itu dilakukan pihak ketiga.
  2. Pengertian komunikasi menurut Ensiklopedia adalah penyelenggaraan tata hubungan kegiatan menyampaikan warta, dari satu pihak ke pihak lain dalam suatu organisasi/ instansi.
  3.  Pengertian komunikasi antara (antar) manusia adalah suatu informasi, ide atau pernyataan yang ditujukan kepada orang lain.
  4. Pengertian komunikasi massa adalah segenap aktivitas yang dilakukan industri, perhimpunan jabatan, pemerintah atau organisasi untuk menciptakan dan memelihara hubungan yang sehat dan bermanfaat dengan pihak yang dituju. Misalnya: Para langganan, pegawai atau orang yang memegang saham, dan pihak pada umumnya dengan maksud menyesuaikan diri terhadap sekelilingnya atau lingkungan dan memperkenalkan dirinya pada masyarakat.

5. Rumusan komunikasi menurut pendapat para ahli

Benny Kaluku, mengatakan bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pengertian dan mengandung semua unsur prosedur yang dapat mempertemukan suatu pemikiran dengan pemikiran lain.

Keith Davis, mengatakan komunikasi adalah proses jalur informasi dan pengertian dari seorang ke orang lain.

Advertisement

Dr. Phil Astrid Susanto, mengatakan bahwa komunikasi adalah pengoperasian lambing-lambang yang mengandung arti. 

Communicative Skill (Air University USA) Mengemukakan bahwa pengertian komunikasi adalah suatu proses yang mempunyai 3 (tiga) komponen:

  1. Komunikasi yaitu seorang yang memindahkan arti,
  2. Simbol untuk memindahkan arti,
  3. Penerima yaitu seorang yang menerima simbol dan menerjemahkan artinya.

Dari pengertian diatas, kita semakin paham lagi apa pengertian komunikasi itu. Bisakah anda menyimpulkan pendapat-pendapat para ahli komunikasi tersebut?

Advertisement

Disini dapat disimpulkan bahwa dasar komunikasi adalah berpikir karena setiap komunikasi mempunyai tujuan, dimulai dari suatu pemikiran dan ide. Dalam hal ini terdapat dua dasar keterampilan yaitu :

  1. Keterampilan menyampaikan, yaitu keterampilan berbicara, menulis, dan mengarang serta memberi isyarat.
  2. Keterampilan menerima, yaitu keterampilan mendengarkan dan membaca, serta memahami isyarat.

2) Komponen Komunikasi

Mungkin diantara anda pernah mendengar atau membaca tentang komponen komunikasi. Bisakah anda menjelaskan apa itu komponen komunikasi?

Tadi sudah anda pahami bahwa komunikasi adalah proses penyampaian pesan dari pihak satu ke pihak yang lain dengan mempergunakan suatu sarana untuk mendapatkan saling pengertian antara kedua belah pihak.

Pengertian dan Komponen Komunikasi (foto/istimewa)

Pengertian dan Komponen Komunikasi. Dari gambar skema tersebut coba anda amati, apa makna dari anak panah tersebut sehingga membentuk suatu arah yang teratur, dan coba anda amati sekali lagi, anak panah diawali dari mana dan berakhir dimana.

Baca juga Entrepreneur Bidang Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis

Kata komponen menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah unsur, yang berarti bagian yang berperan. Jadi, komponen komunikasi adalah unsur atau bagian yang berperan dalam proses komunikasi. Dalam proses komunikasi terdapat beberapa komponen yang sangat berperan yaitu:

  1.  Komunikator (communicator) yaitu sumber pengirim berita.
  2. Enkode adalah proses pengantar pesan
  3. Pesan atau berita (message) atau ide yang disampaikan
  4. Dekode adalah proses penerimaan pesan
  5. Komunikan (communicate) yaitu orang yang menerima berita, yang ditafsirkan melalui pendengaran, penglihatan.
  6. Tanggapan atau respon/feedback

Pengertian dan Komponen Komunikasi. Coba anda amati, kira-kira yang terpenting di dalam proses komunikasi itu apa? Siapa diantara anda yang bisa memberikan pendapat dan jelaskan. Didalam proses komunikasi tanggapan atau respon yang disampaikan sangat penting sekali bagi komunikator.

Karena untuk mengetahui apakah pesan yang diterima oleh komunikan mencapai sasaran atau tidak. Dengan kata lain, apakah komunikan menginterprestasikan pesan yang diterima sesuai dengan maksud komunikator.

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button