Advertisement
Advertisement
Advertisement
IPS Kelas 8

Pengaruh Keunggulan Lokasi terhadap Kegiatan Transportasi

Advertisement

Pada sub tema berikut ini kamu akan mempelajari pengaruh keunggulan lokasi terhadap kegiatan transportasi (darat, air, dan udara), menjaga keamanan dan kenyamanan transportasi dan kelembagaan dalam kegiatan transportasi.

a. Pengaruh Keunggulan Lokasi Terhadap Kegiatan Transportasi Darat, Air, dan Udara

Gambar 1.13. Peta sarana tranportasi udara dan laut di Indonesia

Perhatikan peta Indonesia pada gambar 1.13 tersebut! Peta tersebut menggambarkan pusat transportasi di berbagai lokasi Indonesia. Secara garis besar transportasi yang berkembang di Indonesia adalah transportasi darat, air, dan udara. Di antara ketiga jenis transportasi tersebut, manakah yang paling lama berkembang di Indonesia? Tentu saja transportasi darat lebih lama berkembang di Indonesia, karena awal kehidupan manusia berada di daratan. Di antara ketiga jenis transportasi tersebut, manakah yang paling banyak kamu gunakan di tempat tinggalmu? Tentu saja jawaban kamu berbeda-beda, karena setiap daerah di Indonesia memiliki lokasi yang berbeda. Berikut ini kamu akan mempelajari bagaimana pengaruh lokasi terhadap kegiatan transportasi, baik transportasi darat, air, maupun udara.

1. Pengaruh Lokasi Terhadap Transportasi Darat

Gambar 1.14. Beberapa bentuk alat transportasi

Amati gambar 1.14. di atas. Dapatkah kamu menemukan jenis transportasi darat di Pulau Jawa?

Advertisement

Setelah kamu selesai mengerjakan aktivitas kelompok di atas, tentu kamu berhasil menemukan berbagai sarana dan prasarana transportasi di Pulau Jawa. Beberapa sarana dan prasarana yang kamu temukan misalnya alat transportasi berupa kuda, dokar, gerobak, sepeda, sepeda motor, mobil penumpang, mobil barang, dan kereta api. Apakah di lingkungan tempat tinggalmu juga terdapat berbagai jenis alat transportasi di atas? Tidak semua wilayah di Indonesia memiliki peralatan transportasi di atas. Sebagai contoh kereta api, saat ini baru berkembang di Jawa dan sebagian Sumatra.

Sarana transportasi apa saja yang kamu temukan di Pulau Jawa? Jalan raya dan jalan kereta api merupakan sarana penting bagi transportasi di darat. Jalan raya yang kamu temukan di daerahmu tentu berbeda-beda. Terdapat jalan raya yang sudah tertata dengan baik, misalnya beraspal mulus, dan terdapat jalan yang kondisinya belum beraspal. Jalan raya juga dibedakan menjadi jalan nasional dan jalan daerah.

Selain jalan, untuk memperlancar transportasi darat juga diperlukan sarana lainnya. Sarana apa saja yang dapat kamu temukan untuk mendukung transportasi darat tersebut? Perhatikan gambar 1.16. di bawah ini!

Gambar 1.16. Sarana transportasi darat

 

Advertisement
Read article
Advertisement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button